Sukses

Sesak Nafas Terhirup Debu Batubara

19 Oct 2014, 18:15 WIB
Pria, 19 tahun.
saya akhir2 ini sering merasakan sesak napas akibat terllu bnyk menghirup udara yg bercmpur debu. apa yang harus saya lakukan untuk mengurangi kontaminasi batu bara di paru paru saya karna penggunaan masker tidak dapat membantu banyak untuk meminimalisir debu partikel dari batu bara yang terhirup masuk ke dalam paru paru . fahri rama putra 19 tahun

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan Anda,ijinkan kami mengajukan beberapa pertanyaan. Sudah berapa lama Anda merasakan gejala ini? sudah berapa lama Anda berada di lingkungan pekerjaan yang terkontaminasi debu batu bara? sudahkan Anda melakukan pemeriksaan penunjang radiologi pada paru Anda? Apakah Anda merokok?

Resiko yang mungkin Anda alami adalah terkena penyakit Antrakosis. Penyakit Antrakosis adalah penyakit saluran pernapasan yang disebabkan oleh debu batubara. Penakit ini biasanya dijumpai pada pekerja-pekerja tambang batubara atau pada pekerja-pekerja yang banyak melibatkan penggunaan batubara

Masa inkubasi penyakit ini antara 2 – 4 tahun sejak terpapar debu batubara. Gejala awalnya sesak nafas. Penyakit antrakosis ada tiga macam:

  • Penyakit antrakosis murni. Seperti namanya penyakit ini murni disebabkan batubara
  • Penyakit silikoantrakosis. Penyakit antrakosis kadang disertai dengan penyakit silikosis,karena debu batubara terkadang terdapat debu silikat. 
  • Penyakit tuberkolosilikoantrakosis. Penyakit ini dibedakan dari hasil foto thorax dan pemeriksaan sputum dahak dan darah, dimana terdapat bakteri tuberkulosis pada pemeriksaan sputum dahak.

Pencegahannya Anda harus tetap memakai masker (berlapis) dan bila Anda merokok juga sebaiknya Anda menghentikan kegiatan merokok Anda. Karena merokok akan memperparah keadaan paru-paru Anda. Untuk mengurangi kontaminasinya saran kami Anda melakukan pemeriksaan radiologi pada paru-paru terlebih dahulu untuk menegakkan diagnosis dan berkonsultasi langsung ke dokter spesialis penyakit paru-paru untuk mendapatkan terapi optimal.

Jika memang ditemukan penyakit antrakosis,Anda harus dipindahkan dengan segera ke daerah dimana kadar batu bara nya rendah untuk menghindari komplikasi penyakit paru akibat batubara seperti fibrosis masif progresif. Berikut artikel yang dapat kami berikan untuk menambah informasi Anda:

Sesak Nafas

Awas Penyakit Paru Obstruktif Kronik

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.(DNA)

Salam, 

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar