Sukses

Cantengan, Ini Tipsnya

20 Apr 2014, 21:28 WIB
Pria, 18 tahun.
Tentang cantengan dok, akhir akhir ini jari jempol kiri saya bengkak di ujung kuku tapi untuk berjalan tidak terasa sakit bahkan saya sempat bermain basket. Saya ingin menyembuhkan cantengan ini dok saya sudah browsing di internet katanya rendam kaki dengan air hangat. Nah setelah itu diapakan lagi dok. Apakah setelah direndam berkali kali jari tidak merasakan sakit dan kuku bisa di potong?
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih karena Anda telah setia menggunakan fasilitas KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Cantengan atau dalam bahasa medis disebut dengan Paronikia merupakan infeksi pada daerah sekitar kuku akibat dari pertumbuhan kuku yang tidak sempurna  yang menyebabkan kuku menusuk kulit di samping kuku dan menyebabkan luka.

Cantengan disebabkan oleh bakteri atau jamur yang masuk melalui luka di daerah sekitar kuku yang sudah rusak sehingga menyebabkan terjadinya rasa sakit pada daerah kuku, timbul kemerahan dan bengkak di sekitar kuku, dan kuku menjadi berwarna kuning kehijauan dan tidak rata. Warna kuning tersebut dapat menandakan telah terjadinya abses atau nanah akibat infeksi di bawah kuku. Darah yang keluar mungkin saja dapat terjadi akibat adanya perlukaan di daerah tersebut.

Apabila Anda mengalami keluhan seperti yang telah kami deskripsikan di atas, maka kemungkinan keluhan tersebut disebabkan karena paronikia. Saya menyarankan agar Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis bedah umum untuk mendapatkan terapi dan penanganan atas kondisi terkait yang Anda alami.

Berikut kami sertakan pula beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat. (AK)

 

Salam, 


Tim Redaksi Klikdokter


0 Komentar

Belum ada komentar