Sukses

Kebiasaan Menghisap Jempol

19 Oct 2014, 03:21 WIB
Wanita, 24 tahun.
Dok,saya mau nanya..anak saya umur 4 bulan punya kebiasaan menghisap jempol..saya khawatir kebiasaan itu akan berlanjut terus..bagaimana cara menghentikan kebiasaannya itu dok??mohon infonya dok..terima kasih

Ibu / Saudari yang terhormat
 
Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Agak sulit menghentikan kebiasaan anak menghisap jempol, karena hal ini merupakan sebuah refleks alami anak untuk mendapatkan sesuatu yang menyenangkan, membuat anak merasa aman dan nyaman. Terdapat beberapa hal yang mempengaruhi kebutuhan anak menghisap jempol:

1. keturunan

2. stress

Kebanyakan anak akan menghentikan kebiasaannya menghisap jempol saat usia 5 tahun. Pada usia tersebut belum terlalu besar kerusakan yang ditimbulkan. Yang dikhawatirkan adalah apabila anak tersebut belum dapat menghentikan kebiasaannya saat usianya mencapai lebih dari 5 tahun.

Kerusakan yang diakibatkan bergantung pada seberapa keras dan sering anak menghisap jempol, antara lain:

1. protrusi gigi depan rahang atas

2. gigi depan rahang menjadi pendek akibat penekanan jempol

3. distorsi pertumbuhan hidung

4. open bite

    gigi-geligi pada rahang atas dan bawah tidak cocok saat menggigit sehingga tampak lubang / tidak rapat

5. cross bite

    pembentukan rahang atas terlalu sempit akibat tarikan otot-otot pipi saat menghisap

YANG HARUS DILAKUKAN:

Beberapa teknik untuk menghentikan kebiasaan anak menghisap jempol dapat dilakukan segera setelah anak  Anda dapat berkomunikasi dengan baik. Bila anak Anda mengatakan bahwa ia ingin menghentikan kebiasaan tersebut, beri ia dukungan berupa penghargaan dan pujian bila targetnya tercapai. Sesuatu yang dipaksakan hanya akan membuat anak stress. Akan tetapi pada kasus Anda, karena usia anak Anda masih berumur 4 bulan peranan Anda sangat penting. Karena pencegahannya bisa Anda bantu dengan menarik tangannya pelan-pelan setiap sedang menhisap jempol dan butuh ketelatenan ibu.

Yang perlu diingat adalah jangan pernah memaksakan kehendak agar anak menghentikan kebiasaannya menghisap jempol. Dengan menghargai kesenangan anak tentu akan didapatkan pengertian dan hasil yang lebih optimal. Idenya adalah untuk menghentikan kebiasaan tersebut sebelum terjadi kerusakan. Berikut artikel yang dapat kami berikan untuk menambah informasi Anda: 

Kebiasaan Hisap Jempol si Buah Hati & Dampaknya Terhadap Gigi

Demikian informasi yang kami berikan. Semoga dapat membantu. (DNA)

Salam, 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar