Sukses

Haid Berbeda Beda Disertai Nyeri

19 Oct 2014, 02:07 WIB
Wanita, 24 tahun.
slmt siang dokter yg budiman dan baik hati,.. sy mw tnya, bulan ini sy mngalami 2x haid yg brjarak hnya 2 mggu,.. haid yg prtma hnya brupa fle2 slma 3 hri n slnjut ny lncar tp msh brupa darah yg brwrna coklat,.. 2 mggu slnjut ny sy haid lg dok, tp haid yg ke 2 ini darah yg kluar lbh bnyk brupa gumpalan2 darah yg lumayan agx besar & trza sngat mnyakitkan, stlh q priksa kpd bidan kta ny sy mnderita disminore dan itu normal, wlaupun dlm 2 bulan sya mngalami 2x haid dg siklus kluarnya darah yg brbeda.. yang prlu sy tnyakan apakh smw it mmg bnr normal dok yg sy alami ini, mngingat ini prtma x ny bgi sy?? trima ksih ats jwbn ny dok.. :)
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

 

Terimakasih karena Anda telah memilih untuk menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami rasa khawatir Anda. Rasa sakit yang timbul setiap kali datang bulan sering dialami oleh banyak wanita. Rasa sakit ini biasanya dirasakan di perut bagian bawah yang timbul setiap hari ke-1 hingga hari ke-3 dari siklus menstruasi. Rasa nyeri yang dirasakan oleh setiap wanita berbeda beda, dapat berupa nyeri ringan maupun berat hingga mengganggu aktivitas sehari hari. Jika nyeri yang dirasakan sangat berat dan mengganggu aktivitas sehari hari dikenal dengan nama dismenorea. Terdapat dua jenis dismenore, yaitu :

  • Dismenorea primer : dismenore tipe ini timbul sejak haid pertama dan akan pulih sendiri dengan berjalannya waktu dengan lebih stabilnya hormon tubuh . Nyeri haid ini adalah normal, dan tidak membahayakan kesehatan. Dismenorea ini terjadi murni karena kontraksi otot rahim saat menstruasi akibat dari hormon prostaglandin
  • Dismenorea sekunder : biasanya baru timbul di kemudian hari setelah menstruasi pertama. Berlangsunglebih dari 3 hingga 4 hari dan disertai mual, muntah atau bahkan diare. Dismenore ini dapat disebabkan oleh beberapa penyakit/kelainan penyebab, antara lain : kelainan atau penyakit seperti infeksi rahim, kista atau polip, tumor sekitar kandungan,dll.

Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Jika siklus menstruasi masih dalam kisaran waktu di atas maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan, karena termasuk normal.

Siklus haid dapat dihitung sejak hari pertama muncul flek perdarahan sampai dengan 1 hari sebelum menstruasi berikutnya muncul.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AK)

Salam, 


Tim Redaksi KlikDokter 


0 Komentar

Belum ada komentar