Sukses

BAB Normal Pada Bayi

19 Oct 2014, 06:28 WIB
Wanita, 30 tahun.
BAGAIMANA CIRI-CIRI BAB YANG SEHAT PADA BAYI DI BAWAH 6 BULAN ? Dok mohon pencerahannya. Bayiku yang baru berumur 21 minggu BAB-nya sering tidak teratur. Setiap dia buang angin, selalu disertai dengan feses plus air yang berwarna kuning. Sebelum BAB-nya banyak, pasti BAB yang keluar sedikit-sedikit. Apakah anak ku terkena diare ya ? Bentuk fesesnya seperti biji cabe. Warnanya kuning agak kehijauan, Menurut orang tua, itu dikarenakan Ibunya makan yang pedas-pedas. Padahal aku sudah menghindari makanan pedas loh. Tapi kenapa BAB-nya seperti orang k'ena diare yang bolak-balik pup ? Apakah itu ada kaitannya dengan perut kembung ? Tetapi anakku hanya minum ASI. Mohon dapat diberikan solusinya dok. Thanks
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Anda tidak perlu khawatir selama bayi anda tetap tampak sehat, berat badan tetap bertambah, perut tidak kembung dan bayi anda tidak rewel. Memang wajar terjadi perubahan dalam frekuensi BAB bayi dengan semakin bertambahnya usia bayi, hal tersebut menunjukkan bahwa seluruh produk yang masuk ke dalam tubuh dapat terserap oleh sistem pencernaan bayi. Tidak ada batas waktu yang dapat dijadikan patokan waktu yang normal bagi bayi untuk BAB. Frekuensi buang air besar pada bayi bervariasi, dapat 4 - 10 kali sehari atau sebaliknya, sekali dalam 3 - 7 hari.

Yang perlu anda khawatirkan adalah jika penurunan frekuensi BAB pada bayi anda disertai dengan timbulnya keluhan-keluhan seperti bayi menjadi lebih rewel, perut kembung dan teraba keras, sering muntah, berat badan tidak naik, dll. Jika hal-hal tersebut terjadi pada bayi anda, kami sarankan sebaiknya anda segera membawa bayi anda ke dokter spesialis anak.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (AK)

Salam, 


Tim Redaksi KlikDokter.

0 Komentar

Belum ada komentar