Sukses

Gusi Bengkak

10 Apr 2014, 10:43 WIB
Wanita, 27 tahun.
Dok.. Gusi istri saya bengkak dan belum sempat ke dr gigi, krn anak jg lg sakit. Untuk sementara minum obat apa ya dok? Yg aman untuk ibu menyusui.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Saya turut prihatin atas kondisi istri Anda. Sebelum membahas lebih lanjut ada beberapa poin yang seharusnya  ikut diinformasikan seperi ada tidaknya gigi yang berlubang atau sisa akar dan apakah ada karang gigi pada sekitar gusi tersebut. Gusi yang bengkak merupakan salah satu tanda gusi sedang meradang. Tanda-tanda lainnya adalah gusi lebih mudah berdarah dan berwarna merah terang. Penyebab paling umum dari peradangan gusi adalah kebersihan mulut yang kurang terjaga, sehingga banyak terjadi penumpukan plak dan karang gigi di daerah gusi yang berbatasan dengan gusi. Apakah Anda sudah pernah membersihkan karang gigi sebelumnya?

Jika pembengkakan gusi berada di daerah akar gigi, dan tampak adanya bintik putih atau mengeluarkan nanah, maka kemungkinan yang terjadi adalah abses yaitu semacam bisul berisi nanah yang disebabkan infeksi gigi yang berlubang.

Untuk menyembuhkan gusi bengkak, perlu diketahui terlebih dulu penyebabnya maka dalam hal ini saya tidak dapat menginformasikan obat yang tepat untuk mengatasi keadaan istri Anda.

Berikut beberapa artikel yang dapat Anda baca

Tips Kesehatan Gigi

Penyebab Gigi Berlubang?

Gigi berlubang, Jangan Takut Bor

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Salam

drg. Arni Maharani

0 Komentar

Belum ada komentar