Sukses

Gangguan Haid Karena Kista

19 Oct 2014, 18:53 WIB
Wanita, 28 tahun.
Selamat pagi Dok, Saya wanita umur 28 th dan belum menikah, saya sering mengalami flek di luar jadwal haid, saya telah periksa ke dokter spesialis kandungan dan dinyatakan memiliki kista, saya diberi obat Primolut N yang diminum sehari 1x selama 1 bln, selama sebulan itu jadwal haid saya jadi berubah, saya tidak pernah mengalami gangguan jadwal haid, selama ini jadwalnya normal, pada bulan februari saya haid tgl 14 dan bulan maret jadi tgl 20 dan masa haidnya lama dari tgl 20 maret s.d 1 april, kemudian saya kontrol ke dokter yang sama, hasil usg menyatakan rahim saya bersih, beliau menyatakan saya menderita kista fungsional yang timbul ketika capek & konsumsi makanan yang tidak sehat dan kista akan menghilang setelah haid, kemudian saya diberi obat pengganti Primolut N yaitu obat Cyclo-Progynova yang diminum setelah hari haid ke-3, berarti tgl 20 april (jadwal haid normal), saat ini saya mengalami haid padahal sekarang baru tgl 8 april, tapi darahnya merah segar, cair & tidak berbau, berbeda dengan darah haid, pertanyaanya : 1. apakah ini efek normal dari obat Primolut N? 2. apakah obat Cyclo-Progynova harus saya minum pada hari ke-3 saat ini atau nanti pada jadwal haid yang seharusnya?

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Penyebab haid tidak teratur

Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari.  Adapun siklus menstruasi tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

  • Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
  • Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
  • Malnutrisi (kurang gizi)
  • Stres psikologis
  • Atlet
  • Kekurangan vitamin K
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Kelainan pembekuan darah
  • Gangguan hormon tiroid
  • Kelainan pada kandung telur (PCOS/kista ovarium) 

Selain masalah hormon, dapat juga disebabkan oleh masalah organik seperti mioma uteri, kista, adenomiosis. Untuk memastikannya, kami menyarankan Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan (SpOG) untuk pemeriksaan lengkap dan mengetahui penyebab dari siklus mentruasi Anda yang tidak teratur.

Apa itu kista fungsional?

Kista fungsional merupakan jenis kista yang tidak berbahaya. BIasanya kista tersebut merupakan kista ovarium atau kista indung telur yang merupakan kantung yang berisi cairan yang ditemukan di ovarium.

Umumnya kista yang bersifat fungsional ini tidak memerlukan terapi dan akan menghilang dalam jangka waktu beberapa bulan. Kista ini hanya memerlukan observasi saja dan pemeriksaan USG rutin untuk mengawasi pembesaran dari kista. Apabila kista semakin kecil atau menghilang maka tidak diperlukan terapi apapun.

Primolut

Primolut adalah preparat hormonal yang memiliki zat aktif norethisteron. Noerethisterone adalah  progesteron yang dapat digunakan untuk terapi gangguan perdarahan pada siklus menstruasi, ketidakteraturan siklus, sindroma menopause, dan endometriosis. Norethisteron memang efektif untuk mengatasi gangguan ketidakteraturan siklus menstruasi. Efek sampingnya adalah  mual, nyeri perut, gangguan penglihatan, reaksi alergi, peningkatan berat badan, payudara membesar, dan bercak perdarahan. Namun, penggunaan primolut ini harus dalam pengawasan dokter.

Cyclo-Progynova

Cyclo proginova menganddung estradiol/estrogen dan norgestrel/progesteron, digunakan sebagai hormonal replacement therapy (wanita premenopause) dan untuk mengatasi haid yang tidak teratur. Obat ini mirip pil kontrasepsi penggunaannya, diminum pada hari ke 2-5 menstruasi. Dokter Anda mengatakan agar diminum saat hari haid ke-3 artinya diminum jika Anda mengalami haid. Saat ini pola haid Anda masih belum teratur, jika menunggu haid yang seharusnya, belum tentu sesuai dengan tanggal yang diharapkan.

Berikut kami lampirkan artikel sebagai tambahan informasi:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam, 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar