Sukses

Menyusui: Payudara Mengeras

11 Apr 2014, 12:43 WIB
Wanita, 28 tahun.
Saya ibu menyusui..payudara sebelah kiri saya mengeras dan membengkak..padahal kedua payudara saya digunakan untuk menyusuin..sampai2 saya demam..seperti y asi d payudara sebelah kiri saya mengeras...gimana cara y agar payudara sebelah kiri saya bisa d gunakan untuk menyusui lagi.terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Klikdokter. 

Payudara Ibu saat ini mengeras dikarenakan banyaknya produksi ASI di payudara. Selama ini ibu aktif memberikan ASI sehingga produksi ASI di payudara akan berjalan terus. Jika terjadi penghentian penghisapan ASI secara tiba-tiba tentunya akan menyebabkan produksi ASI menjadi menumpuk dan menyebabkan tegangnya payudara. Kompres.ah payudara Ibu dengan air hangat untuk mencegah ASI menggumpal dan menyebabkan mastitis (peradangan pada kelenjar payudara). Bila sudah tejadi mastitis mungkin perlu diberian anbiotioka. 

Apabila memang terasa sangat keras dan mengencang maka Ibu dapat memerasnya keluar sedikit untuk mengurangi nyeri. Apabila ASi tidak lagi dikonsumsi bayi dan payudara tidak dihisap maka produksi ASI akan perlahan-lahan menurun. Apabila keluhan ini terus berlanjut dan mengakibatkan gangguan terus menerus, Ibu dapat berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaika. Semoga bermanfaat. 


Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar