Sukses

Tekanan Darah Rendah Setelah Aktivitas

17 Oct 2014, 19:06 WIB
Pria, 40 tahun.
saya kalau sebelum olahraga tensi dicek 130 ama 85 setelah olahraga lari 30 menit tensi jadi turun 120 ama 80 kalau olahraga lebih lama lagi bisa lebih turun lagi?padahal habis olahraga kan seharusnya tensi agak naik?saya hrs cek ke bagian apa mengenai hal ini? tq marshelle 0811969129
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara/Saudari yang Terhormat.


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Tekanan darah rendah (hipotensi) merupakan suatu keadaan dimana tekanan darah rendah hingga dibawah 90/60 mmHg, walau tekanan darah memang bervariasi untuk setiap orang, bisa saja ada yang tekanan darahnya 80/60 namun tidak merasakan apa-apa. Gejala yang dapat muncul saat tekanan darah rendah adalah pusing hingga pingsan, sulit berkonsentrasi, mual, lemas, kaki dan tangan dingin, depresi hingga rasa haus yang berlebih. Tekanan darah rendah dapat disebabkan oleh banyak hal yang tidak serius, hingga beberapa penyakit seperti kelainan jantung, kehamilan, gangguan hormonal. 

Setelah aktivitas fisik, biasanya tekanan darah meningkat, jika tidak meningkat atau malah cenderung turun maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut apakah terdapat masalah pada sistem jantung dan pembuluh darah.

Anda juga dapat melakukan medical check up (Kapan Anda Memerlukan Medical Check Up?) untuk mengetahui status kondisi kesehatan Anda saat ini atau mengunjungi dokter spesialis penyakit dalam untuk evaluasi lebih lanjut.

Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk membantu meningkatkan tekanan darah adalah : 

1. Konsumsi garam yang lebih banyak

2. Banyak minum air, hindari alkohol

3. Makan yang lebih sehat (porsi lebih sedikit, namun lebih sering, dengan kandungan karbohidrat yang tinggi)

Maka itu kami anjurkan agara anda dapat konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk penjelasan dan penanganan lebih lanjut. 

 

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar