Sukses

Kondiloma pada Kelamin

20 Oct 2014, 10:31 WIB
Wanita, 22 tahun.
pagi dok saya terkena kondiloma sudah 5bln slama itu saya hanya mengobati dgn obat herbal.. ada tonjolan daging di lubang mis v, servick, dan penebalan daging d vulva.. daging yang tumbuh sdah ckup besar kra " 1cm d lbang vagina. terasa aga linu kalo d pegang.. sdkit sakit saat hub.intim dan sring sakit perut bag.bawah tp tdk ada kputihan ataw bau menyengat.. sdah k doktr dan d sarankan untuk mlakukan bedah kauter.. saya phobia sama alat" kdokteran dan tkut opasi.. bedah kautet itu apa dok,? ada cara lain slain oprasi g buat sembuh?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami turut prihatin dengan kondisi kesehatan Anda saat ini. Jengger ayam atau kutil pada kelamin, dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah kondiloma akuminata, merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Pada sebagian kasus, kutil kelamin ini dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun dapat juga terus tumbuh dan membesar. Nampaknya, kondiloma Anda semakin tumbuh dan membesar.

Jengger ayam pada kelamin dapat diobati dengan beberapa pilihan pengobatan, antara lain dengan mengoleskan gel, salep atau krim pada jengger ayam tersebut, dengan cryosurgery, dengan laser, bedah kauter  atau dengan operasi kecil untuk mengangkat jengger ayam yang berukuran lebih besar. Dengan penanganan yang tepat maka kondiloma akuminata dapat disembuhkan, meskipun sering kambuh. 

Bedah kauter sendiri adalah pengangkatan kondiloma dengan alat bedah listrik sehingga meminimalisasi perdarahan. Anda tidak perlu khawatir karena tindakan ini akan dilakukan dengan terlebih dahulu memberikan pembiusan lokal sehingga tidak terasa menyakitkan.

Efektivitas penanganan sangat bergantung pada ukuran dan juga metode penanganan. Penanganan dengan gel/salep/krim kemungkinan akan memberikan hasil yang lebih lambat pada ukuran jengger ayam yang lebih besar sehingga bedah merupakan pilihan terbaik untuk kondiloma dengan ukuran yang besar.

Kondiloma akuminata juga merupakan penyakit yang ditularkan lewat hubungan seksual. Apakah Anda sudah menikah? Anda perlu memperhatikan agar melakukan hubungan seksual yang aman, tidak berganti-ganti pasangan dan melakukan hubungan seksual dalam hubungan pernikahan agar kondiloma akuminata tidak berulang atau terkena infeksi menular seksual lainnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter 

 

0 Komentar

Belum ada komentar