Sukses

Telat Haid 2 Bulan, Apakah Hamil?

18 Oct 2014, 00:54 WIB
Wanita, 24 tahun.
selamat malam dokter,maaf sya menggangu sya ingin konsultasi sya sudah telat 2 buan dan saya melakukan test pack ternyata positif memng sya mengalami perubahan terus sekitar tgl 4 april 2014 sya konsul ke dokter kandungan terdekt dan melakukan usg tp ternyata kata dokter kandungan dsni sya tidk hamil sya penasaran dok sya beli lagi alat test pack nya ternyata sya msh positif hamil dok malahan sya diberi olh dokter tsb obat buat haid dlu sya tdk mau minum sya pikir sya ini hamil dokter krn udh hampir 2 bln sya tdk haid malah dtng keputihan dok sya dikasih scan fto nya dok ada berbentuk seperti bayi dok tp tdk ditengah pas mulut rahim,,kira2 gimana ya dok sya konsul lg sm dokter lain ??? sya takut dok klo ada apa2 soal nya sya sdh 6 yg lalu pernah melakukan kuret krn sya pendarahan dok trz perut sya sering skt dok terkdang dikanan kiri dan juga terkadang dibwh dok,,dokter minta solusi nya sya minta tlng ,,,makasih banyak dokter cepat dibalas ya dok mksh

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pertama izinkan kami menjelaskan tentang siklus haid yang normal. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Berikut link mengenai haid tidak teratur (baca : 7 Penyebab Haid Tidak Teratur)
 
Mengenai kehamilan, pada dasarnya kehamilan terjadi karena proses bertemunya sperma dengan sel ovum. Tanda kehamilan yang pertama adalah telatnya menstruasi.tetapi siklus haid memang dapat maju atau mundur,tidak selalu tepat waktu. Bagaimana dengan siklus haid anda selama ini?
 
Tanda-tanda kehamilan lainnya terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:
  •  sering berkemih
  •  pembesaran dan nyeri payudara
  •  mual
  •  perasaan lelah
  •  daerah sekitar puting susu menghitam
  •  peningkatan suhu tubuh
  •  flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim

Keluarnya perdarahan kecil atau flek-flek kecoklatan dalam waktu singkat karena proses penempelan calon bayi pada dinding rahim biasanya hanya terjadi dalam 1 hari saja .

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah: 
  •  terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
  •  terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi
  •  terlihat gambaran janin pada USG atau scanning
Untuk memastikan apakah terjadi kehamilan pada diri Anda perlu dilakukan pemeriksaan pasti karena gejala-gejala lainnya hanya merupakan pertanda tidak pasti. 

Jika hasil testpack positif maka kemungkinan besar Anda memang hamil. Namun untuk memastikan penyebab dan keluhan Anda, kami menganjurkan agar Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang (USG) dan untuk mendapatkan terapi yang optimal.

Berikut kami sertakan pula artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.(DNA)
 
Salam,
 
Tim Redaksi KlikDokter
 

0 Komentar

Belum ada komentar