Sukses

Kondisi Janin yang Selamat dari Proses Aborsi

11 Apr 2014, 15:11 WIB
Wanita, 21 tahun.
Dok..saat ini saya sedang hamil muda..usianya baru 6 minggu Awalnya saya tidak menginginkan kehamilan ini..lalu saya coba mengkonsumsi obat penggugur kandungan..namanya misoprostol 2 konsumsi pertama saya mengalami pendarahan.. 2 selanjutnya tidak lagi.. Namun skrang saya masih tetap hamil.. Saya ingin bertanya..apa efek samping buat saya dan calon anak saya jika saya ingin meneruskan kehamilan ini??

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi KlikDokter.

Kami turut prihatin dengan kondisi Anda. Walaupun demkian, menurut hukum di Indonesia, aborsi buatan/sengaja adalah tindakan yang bertentangan dengan hukum dan dapat dikenakan hukuman.  Baik pelaksana (dokter atau tenaga medis lain) maupun orang tua yang melanggar dapat dikenakan tindak hukum pidana. Selain itu, selain bertentangan dengan agama.

 

Menggugurkan kandungan atau dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah “abortus” adalah pengakhiran kehamilan sebelum usia 20 minggu kehamilan atau berat bayi kurang dari 500 g (ketika janin belum dapat hidup di luar kandungan). Angka kejadian aborsi meningkat dengan bertambahnya usia dan terdapatnya riwayat aborsi sebelumnya. Proses abortus dapat berlangsung secara :

 

  1. Spontan / alamiah (terjadi secara alami, tanpa tindakan apapun)
  2. Buatan / sengaja (aborsi yang dilakukan secara sengaja),
  3. Terapeutik / medis (aborsi yang dilakukan atas indikasi medik karena terdapatnya suatu permasalahan atau komplikasi

Namun menurut pendapat kami sebaiknya janin dipertahankan sebab setiap individu mendapat hak untuk hidup. Bayi merupakan anugrah dari Tuhan. Banyak sekali pasangan yang berusaha mendapatkan bayi namun sulit, bisa saja hal ini merupakan pemberian dari Tuhan yang harus Anda hargai. Coba berunding lagi dengan pasangan Anda mengenai hal ini dan kami sarankan agar Anda konsultasi ke Dokter Ahli Kebidanan dan Kandungan.

Konsultasikan kondisi Anda secara teratur agar perkembangan janin dapat terpantau dengan baik. Terlalu sulit mengetahui kondisi Janin di usia kehamilan yang terlalu muda. Berikut artikel seputar kehamilan yang dapat menambah informasi Anda : 

Nutrisi Kehamilan

Makanan Selama Kehamilan

Menggugurkan Kandungan

Kondisi Emosi Selama Kehamilan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar