Sukses

Keguguran Akibat Tanda Lahir

20 Oct 2014, 03:14 WIB
Wanita, 29 tahun.
Dok ciri-ciri kandungan lemah apa? Saya 4x keguguran pada usia kehamilan kurang dari 7bln. Saya udah melakukan USG dan check laboratrium dan hasilnya baik-baik aja. Konon katanya kalo wanita punya tanda putih ditubuhnya, pasti setiap hamil keguguran terus kebetulan saya punya tanda putih sejak lahir di paha kanan. Apa karna tanda lahir itu saya keguguran terus? Sedangkan tanda ini ga bisa dihilangkan. Terima kasih
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Kami tegaskan bahwa tidak ada hubungannya antara keguguran dengan tanda putih di paha Anda. Ijinkan kami untuk menjelaskan sedikit mengenai keguguran, akan kami sebutkan beberapa penyebab yang sering dikaitkan dengan keguguran : 

  1. Kelainan pada pertumbuhan disebabkan oleh : kelainan kromosom, lingkungan kurang sempurna (lingkungan rahim tidak memberikan nutrisi cukup untuk si janin), pengaruh dari luar (obat-obatan, virus, radiasi).
  2. Kelainan pada plasenta --> terjadi kelainan pada pembuluh darah ari-ari, biasanya disebabkan oleh hipertensi pada ibu yang menahun
  3. Penyakit IBu --> beberapa penyakit dapat memperngaruhi kehamilan, seperti infeksi paru-paru, tifoid, infeksi saluran kemih, malaria. Anemia berat, serta penyakit  infeksi TORCH , tiroid, diabetes, kelainan dari sistempertahanan tubuh.
  4. Kelainan pada organ kehamilan misalnya mulut rahim yang tidak kuat
  5. kelainan hormonal

Dalam keadaan normal, disaranakan boleh hamil lagi setelah 3 bulan atau menunggu 1-3 siklus menstruasi sebelum mencoba untuk hamil lagi. Setelah mengalami keguguran dan dikuret, dianjurkan agar Anda menunda kehamilan berikutnya selama kurang lebih 3 bulan, hingga organ reproduksi kembali ke bentuk semula dan telah siap secara fisik dan emosi untuk hamil lagi. 

Yang perlu Anda dan istri lakukan saat ini adalah mempersiapkan kehamilan berikutnya dengan lebih baik, yaitu dengan merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Perlu juga diperhatikan untuk:

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami)
  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas
  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio. Adapun bahan makan sumber asam folat adalah sayur-sayuran berdaun hijau, sereal, buah-buahan seperti jeruk, anggur, dsb.

Kami sarankan Anda mengunjungi Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan subspecialis fertilitas untuk pemeriksaan kontrol dan pemantauan kondisi Anda.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang semoga dapat bermanfaat untuk anda :

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (AK)

Salam, 


Tim Redaksi KlikDokter.

0 Komentar

Belum ada komentar