Sukses

Nyeri di Tenggorokan

18 Oct 2014, 22:13 WIB
Wanita, 20 tahun.
Selamat malam dok, perkenalkan nama saya Cici, perempuan, usia 20 tahun, BB=50kg, TB=150cm. Sudah 4 bulan sy merasa tidak nyaman dengan tenggorokan saya dok. Selalu banyak lendir dan dahak apalg di pagi hari. Berwarna bening tapi kadang kekuning-kuningan. Sblmnya 3 bln lalu sy pernah batuk selama 3 minggu tetapi sekarang sdh sembuh dan tidak pernah batuk lagi, tetapi lendir itu ttp ada smpai skrng. Saat ini saya demam dok, tenggorokan sy terasa perih disertai sakit kepala, nyeri otot dada, lengan atas, leher, dan belakang. Tidak batuk. Riwayat penyakit yang sering diderita : Tonsilitis dan maag Riwayat penyakit lingkungan : Pacar saya didiagnosis TB Paru + efusi pleura dan sekarang sedang menjalani pengobatan bulan ke-3. Riwayat penyakit keluarga : ibu dislipidemia Riwayat penggunaan obat : 3 bln lalu pernah minum obat batuk antitusif dan antibiotik. Menurut dokter, sy menderita penyakit apa dok? Jika saya ke dokter umum, bisa kah sy meminta di rontgen pada dokter tersebut meskipun sblmnya blm disarankan. Mohon jawabannya dok. Terimakasih sebelumnya. Salam
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, nampaknya Anda mengalami radang tenggorokan. Mengatasi radang tenggorokan tidaklah sulit, beristirahatlah yang cukup, banyak minum, makan makanan dengan nutrisi cukup dan minum vitamin seperti vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Saat sedang sakit, batasi jenis makanan yang dapat merangsang batuk seperti es dan makanan goreng-goreng,mengurangi atau menghindari asap rokok. Namun untuk memastikan penyebab dari keluhan yang Anda alami, diperlukan anamnesis dan pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang secara langsung. 

Peradangan pada tenggorokan dalam bahasa medis disebut faringitis atau tonsilofaringitis (karena sering disertai peradangan pada amandel/tonsil). Penyebab infeksi dan radang tenggorokan paling banyak adalah virus (sekitar 40-60%) dan sekitar 15% disebabkan oleh bakteri streptococcus beta hemolyticus, streptococcus viridians, dan streptococcus pyogenes. Selain itu, radang tenggorokan juga dapat disebabkan oleh jamur. Namun perlu diketahui bahwa radang tenggorokan tidak selalu disebabkan oleh infeksi. Keadaan ini juga dapat disebabkan oleh alergi, atau iritan seperti polutan, asap rokok, dan substansi kimia lain.Gejala faringitis sangat bervariasi, bergantung pada penyebabnya. Faringitis dapat merupakan suatu kondisi yang berdiri sendiri atau merupakan bagian dari gejala penyakit lain.

Untuk itu, jika keluhan masih berlanjut, kami sarankan agar Anda dapat memeriksakan diri ke dokter guna penanganan lebih lanjut. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar