Sukses

Pengobatan TB

03 Apr 2014, 15:46 WIB
Pria, 25 tahun.
saya mau tanya saya kan dlu di diagnosi TB Paru sya dah melewati 6bulan tanpa ada ptus2dari rutin minum obat,tapi setelah saya hampir beres tiga hari lagi dari pengobatan 6 bulan tiba2 saya batuk darah lagi,terusnya lagi setiap tidur terlentang pasti batuk darah,yang saya tanyakan tergolong penyakit apakah yang saya derita?mohon info nya, Terimakasih atas perhatian nya.
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Penyakit TB (Tuberkulosis) Paru dapat disembuhkan, hal ini bergantung pada kepatuhan penderita terhadap pengobatan yang memang berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Pengobatan TB memang membutuhkan kedisiplinan dan waktu yang panjang. Hingga kini, belum ada obat TB terbaru yang dapat menyembuhkan TB dalam waktu yang singkat. Seseorang dengan TB harus menuntaskan pengobatan yang lama tersebut hingga benar-benar dinyatakan terbebas dari penyakit TB. Lama  pengobatan TB pada penderita dapat berkisar 6- 9 bulan, tergantung dari jenis TB dan respon penderita terhadap pengobatan. Sejauh ini, jenis obat TB yang efektif memang kombinasi dari penggunaan empat obat-Rifampisin, INH, Pirazinamid, dan Etambutol, ditambah dengan suntikan Streptomisin pada mereka yang tergolong dalam Penderita TB kategori 2 ( pasien kambuh, gagal ataupun dengan riwayat pengobatan terputus).

Sayang sekali Anda tidak menjelaskan secara rinci Anda tergolong kasus yang mana. Namun, bisa jadi Anda mengalami kekambuhan. Namun untuk memastikannya, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut seperti pemeriksaan fisik, pemeriksaan sputum serta pemeriksaan foto rontgen dada. 

Penyakit ini dapat kambuh jika imunitas (daya tahan) tubuh seseorang menurun dan juga orang tersebut menjalankan pola hidup yang tidak sehat.

Berikut kami sertakan artikel: Tuberkulosis Paru untuk informasi lengkap Anda.

Untuk itu kami menganjurkan agar Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis paru guna penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


0 Komentar

Belum ada komentar