Sukses

Batas Maksimal Operasi Caesar

20 Oct 2014, 00:21 WIB
Wanita, 32 tahun.
Mohon infonya dokter. Saya dengar operasi perut maximal 3x. Saya pernah menjalani operasi kista indung telur 2x dan melahirkan dengan C-section 1x. Apabila saya hamil lagi dan nantinya terpaksa dilakukan C-section, apa masih aman dan memungkinkan? Terima kasih dokter.
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Bedah caesar berulang bisa terjadi. Misalnya, bayi besar dan panggul ibu sempit sehingga setiap kali melahirkan harus bedah caesar . Umumnya, bedah caesar dibatasi sampai tiga kali. Namun, tidak berarti tidak boleh lebih dari tiga kali karena bergantung dari penyebab dan indikasi nya harus dioperasi seperti: bayi besar (sehingga tidak bisa lewat rongga panggul ibu), bayi melintang (kepala di kiri atau kanan) dan tidak bisa diperbaiki, bayi sungsang (tidak semua sungsang, ada kriteria tertentu, sebagian besar sungsang lahir alami), letak ari-ari di bawah (plasenta previa), dan ibu yang bersangkutan sudah dua kali menjalani bedah caesar.

Selain itu biasanya lokasi sayatan operasi kista indung telur berbeda dengan lokasi sayatan operasi seksio. Namun jika Anda memiliki rencana untuk hamil lagi, ada baiknya Anda berkonsultasi lebih lanjut terlebih dahulu dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda.

Berikut adalah beberapa artikel kami yang dapat Anda akses terkait persiapan kehamilan pada pasangan suami-istri:

Merencanakan Kehamilan 

Sepuluh Cara Meningkatkan Kesuburan

6 Tips untuk Mempercepat Kehamilan

Persiapkan Kehamilan dengan Konsumsi Asam Folat

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar