Sukses

Penularan Infeksi HIV AIDS

20 Oct 2014, 09:57 WIB
Pria, 21 tahun.
Dok saya mau tanya .. Jika ada pasangan sehat (tidak memiliki penyakit hiv dan aids) melakukan hubungan seks diluar nikah .. Apakah bisa terkena penyakit hiv aids itu ?? Terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Jika dua orang yang tidak memiliki infeksi HIV AIDS berhubungan tentu tidak akan terjadi penularan infeksi tersebut. Namun perlu diperhatikan bahwa infeksi HIV AIDS tidak selalu bergejala, jadi patut berhati-hati. Izinkan kami menjelaskan tentang infeksi HIV AIDS.

Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome (disingkat AIDS) adalah sekumpulan gejala dan infeksi yang timbul karena rusaknya sistim kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV. Orang yang terkena virus ini akan menjadi rentan terhadap infeksi oportunistik ataupun mudah terkena tumor.

HIV umumnya ditularkan melalui kontak langsung antara membaran mukosa atau aliran darah, dengan cairan tubuh yang mengandung HIV, seperti darah, air mani, cairan vagina, dan ASI. Penularan dapat terjadi melalui hubungan intim, transfusi darah, jarum suntik.yang terkontaminasi, antara ibu dan bayi selama kehamilan, bersalin, atau menyusui, serta bentuk kontak lainnya dengan cairan-cairan tubuh tersebut.

Berbagai gejala AIDS umumnya tidak akan terjadi pada orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Kebanyakan kondisi tersebut akibat infeksi oleh bakteri, virus, jamur, dan parasit yang biasanya dikendalikan oleh unsur-unsur sistem kekebalan tubuh yang dirusak HIV.

Infeksi oportunistik (infeksi yang disebabkan oleh organisme yang biasanya tidak menyebabkan penyakit pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang normal, tetapi dapat menyerang orang dengan sistem kekebalan tubuh yang buruk) umum didapati pada penderita AIDS/HIV mempengaruhi hampir semua organ tubuh.

Biasanya penderita AIDS memiliki gejala infeksi sistemik seperti  :

  • demam
  • berkeringat (terutama pada malam hari)
  • pembengkakan kelenjar
  • kedinginan
  • merasa lemah
  • jamur di rongga mulut
  • penurunan berat badan.

Infeksi oportunistik tertentu yang diderita pasien AIDS diantaranya dapat menyerang :

  • Paru-paru : pneumonia preumocystis, TBC
  • Penyakit saluran pencernaan : esofagitis (radang pada kerongkongan) akibat jamur / virus
  • Penyakit saraf : toksoplasmosis (radang otak akut akibat parasit toksoplasma gondii), meningitis (radang selaput otak) akibat jamur cryptococcus neoformans
  • Kanker : sarkoma kaposi, limfoma

Kami lampirkan beberapa artikel untuk Anda baca:

Banyak orang tidak menyadari bahwa mereka terinfeksi virus HIV. Umumnya pasien berobat karena infeksi oportunistiknya. Melalui pemeriksaan darah ternyata baru diketahui bahwa pasien menderita HIV/AIDS. Sekian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat. Bagi yang sudah mengetahui bahwa dirinya terinfeksi HIV AIDS, sudah tersedia berbagai pengobatan yang dapat digunakan untuk menekan infeksi HIV AIDS (AN)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

0 Komentar

Belum ada komentar