Sukses

Penanganan Hiperhidrosis Pasca Stroke

02 Apr 2014, 15:05 WIB
Pria, 60 tahun.
Tks atas jawaban yg diberikan di https://www.klikdokter.com/inbox/read/2014/04/02/31149/sering-keringat-pasca-stroke, tetapi mohon maaf, pertanyaan saya sebenarnya adalah : (1) Sehabis stroke 1 thn lalu, 7 bln terakhir badan saya sebelah kanan dari telinga s/d telapak kaki terasa panas terus menerus dan sempoyongan ; (2) Pada bagian badan yg sama juga keluar keringat lbh banyak dibanding badan sebelah kiri. Mhn tanya apa penyebabnya dan bgmn penanganannya.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Seperti yang telah kami paparkan pada jawaban kami sebelumnya, bahwa keluhan berkeringat berlebih di satu sisi disebut hiperhidrosis. Hiperhidrosis ini kadang dilaporkan pada pasien pasca stroke. Terdapat beberapa sensasi yang dirasakan pada pasien apsca stroke, diantaranya adalah yang Anda alami seperti sensasi panas dan berkeringat. Pada stroke akan terjadi kekurangan oksigen yang mengarah pada kerusakan saraf. Kerusakan saraf inilah yang dihubungkan dengan gangguan pada jalur putative sympathoinhibitory, sebuah jaras saraf yang mengontrol keringat. Sehingga pengontrolan keringat menjadi terganggu dan terjadilah keluhan yang Anda rasakan.

Sayangnya dari literatur terakhir yang kami telusuri, penanganan hiperhidrosis akibat stroke ini masih sangat minimal dan belum ada terapi yang cukup memuaskan. Kami menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter saraf Anda mengenai hal ini. Kami lampirkan beberapa artikel terkait stroke untuk Anda baca:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. (AN)

Salam

Tim redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar