Sukses

Tonjolan Daging pada Kelamin

02 Apr 2014, 13:50 WIB
Pria, 18 tahun.
Maaf, dok, saya mau nanya lagi. Kemarin saya ke klinik dokter umum (karena disediakan fasilitas kesehatan gratis oleh kampus) untuk mengecek penyakit kulit / daging yang tumbuh di bibir anus saya tersebut, namun dokternya bilang (tanpa melihat dan mengecek langsung) kalo yang saya alami adalah ambeien/wasir, dia juga bilang kalo tidak ada obatnya dan dibiarkan saja begitu, cukup dengan mengatur pola makan dan mengurangi daging, tetapi rasa gatal akibat daging tersebut semakin menjadi-jadi (saya jarang merasakan sakit) dan cukup mengganggu aktivitas saya. Apakah saya seharusnya langsung mengunjungi klinik spesialis kulit dan kelamin di rumah sakit besar agar mendapat penanganan yang lebih serius ? (saat ini saya tinggal di Yogyakarta) Terima kasih sarannya.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Apabila dijumpai benjolan daging pada kelamin, salah satu kemungkinannya adalah kutil kelamin. Tentu perlu dipastikan terlebih dahulu benjolan tersebut terletak pada anus atau kelamin Anda. Namun diagnosis ini perlu dipastikan dengan pemeriksaan langsung. Izinkan kami menjelaskan tentang kutil kelamin. Kutil pada kelamin (kondiloma akuminata), merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Pada sebagian kasus, kutil kelamin ini dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun dapat juga terus tumbuh dan membesar. Kadang kutil ini juga dikenal dengan istilah jengger ayam. 

Kutil pada kelamin dapat diobati dengan beberapa pilihan pengobatan, antara lain dengan mengoleskan bahan bernama podifilin pada kutil tersebut untuk kemudian dibilas, asam trikloroasetat, atau dengan cryosurgery, dengan laser,  atau dengan operasi kecil untuk mengangkat jengger ayam yang berukuran lebih besar. Dengan penanganan yang tepat maka kondiloma akuminata dapat disembuhkan, meskipun sering kambuh. Efektivitas penanganan sangat bergantung pada ukuran dan juga metode penanganan. 

Kondiloma akuminata juga merupakan penyakit yang ditularkan lewat hubungan seksual. Anda perlu memperhatikan agar Anda dan pasangan mendapatkan pengobatan hingga sembuh, dan menunda hubungan seksual hingga sembuh. Perlu juga dievaluasi apakah terdapat penyakit menulr seksual lain. Kami lampirkan sebuaha rtikel untuk Anda baca:

Kutil, Perlukah Diwaspadai?

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AN)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar