Sukses

Penanganan TB Tulang

19 Oct 2014, 21:04 WIB
Wanita, 27 tahun.
Selamat pagi, saya menderita TBC tulang saat ini diwajibkan menjalani OAT (rifampicin&INH) selama 18 bln, saya kebetulan sedang hamil saat mnjalani pengobatan ini usia kehamilan 8minggu, dan masih harus menjalani pengobatan terakhir 2bulan ke depan, yang mw saya tanyakan apakah penyakit TBC tulang dapat memberikan dampak seperti cacat bawaan pada janin? Mohon jawaban dari dokter, terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami memehami kekhawatiran yang Anda rasakan. TB tulang, jika ditangani dengan baik, tidak menyebabkan gangguan pada janin. Berobatlah secara teratur, kontrol ke dokter dan perhatikan asupan gizi Anda. Selain itu, izinkan kami untuk menjelaskan tentang Tuberkulosis. Tuberkulosis atau TBC adalah suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mikobakterium tuberkulosa.Cara penularan penyakit ini melalui droplet yang dikeluarkan oleh penderita TB yang dalam udara yang dapat bertahan dalam suhu kamar (25-30o). Orang dapat terinfeksi apabaila droplet tersebut terhirup dalam saluran pernapasan.

Kuman TBC dapat menyebar melalui pembuluh darah atau kelenjar getah bening. Oleh sebab itulah infeksi TBC dapat menginfeksi hampir seluruh organ tubuh seperti: paru-paru, otak, ginjal, saluran pencernaan, tulang, kelenjar getah bening, dan lain-lain.

Tergantung dari organ tubuh yang terkenal, bila mengenai tulang, gejala akan tergantung dari jenis tulang mana yang terkena. Umumnya akan terasa nyeri di bagian tubuh tertentu.  Namun tentu saja sebelumnya untuk memastikan ini TBC tulang atau bukan harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu dan ada kontak erat antara Anda dengan penderita TBC tulang.

Kami lampirkan beberapa artikel untuk Anda baca:

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (AN)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

0 Komentar

Belum ada komentar