Sukses

Gatal di Puting Payudara, Kanker?

20 Oct 2014, 06:44 WIB
Wanita, 32 tahun.
hai dok.. saya member baru disini. saya punya masalah dengan payudara dok, sudah hampir 1 bulan (maaf) puting saya terasa gatal dan kulit disekitarnya kering dan mengelupas, cuma beberapa waktu lalu saya masih menyusui balita saya jadi saya pikir mungkin pengaruh itu. Tapi sudah seminggu lebih balita saya tidak menyusu, kok gatalnya tidak hilang dok? malah semakin gatal dan kadang terasa perih.Saya belum beri obat2an semacam krim atau salep karena saya takut ada apa2. Yang mau saya tanyakan : 1. Apakah yang saya alami gajala kanker atau hanya alergi biasa? 2. Jika harus diperiksa, saya harus ke dokter spesialis apa? terima kasih atas kesempatan yang di berikan, dan mohon penjelasannya dok.

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Apakah teraba benjolan pada payudara kanan Anda? Keluhan yang Anda rasakan berupa gatal pada puting payudara dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti: iritasi (akibat pakaian dalam, gesekan), alergi, hingga infeksi, dll. 

Untuk itu, Anda dapat mencoba:

  • Menjaga kebersihan dan kekeringan payudara dan pakaian Anda (termasuk pakaian dalam).
  • Jangan mengenakan pakaian yang terlalu longgar dan berbahan kasar karena akan semakin mengiritasi puting payudara Anda bila bergesekan.
  • Hindari tindakan menggaruk yang hanya dapat menambah iritasi puting payudara Anda.
  • Cobalah menggunakan krim pelembab di sekitar puting Anda.

Bila setelah melakukan tips-tips tersebut keluhan tidak mengalami perbaikan, kami sarankan Anda untuk segera berkonsultasi dengan dokter umum atau dokter spesialis kulit dan kelamin untuk pemeriksaan fisik mendetil dan tatalaksana yang lebih optimal. 

Gejala kanker payudara biasanya berupa adanya benjolan berbatas tidak jelas, keluar cairan puting, retraksi atau tarikan puting kedalam, atau ukuran puting tidak simetris. Jika tidak ada tanda dan gejala yang kami sebutkan di atas, maka Anda tidak perlu khawatir. Namun, wanita memang berisiko tinggi terkena kanker payudara, maka dari itu penting sekali bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) setiap bulannya.

Kami sarankan Anda tidak menghentikan pemberian ASI untuk buah hati Anda. ASI adalah makan terbaik dan tidak ada yang dapat menandingi kandungan ASI. Sebaiknya lanjutkan pemberian ASI selama minimal 6 bulan (ASI ekslusif). Semakin bayi jarang menyusi, maka produksi ASI akan berkurang.

Berikut kami lampirkan artikel untuk menambah informasi:

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar