Sukses

Benjolan Mata Kiri & Kedutan

19 Oct 2014, 22:55 WIB
Wanita, 27 tahun.
Dear Dokter, sekitar 4 bulan lalu saya menemukan seperti telur cicak dikelopak mata kiri saya tapi posisinya bkn diluar kulit tapi bagian dalam kelopak mata. Awalnya tidak menganggu sama sekali tapi 2bulan terakhir ini mata kiri saya kelopak nya sering sekali berkedut. Apalagi kalau bersin mata kiri (kelopak) berkedut2 terus sampai beberapa menit. Vision saya tidak ada yg terganggu dan juga tidak ada rasa sakit hanya sekitaran yg ada benda seperti kutil/telur cicak itu selalu berkedut2/berdenyut2. Itu apa ya dok? apa bahaya? Terima Kasih sebelumnya.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Keluhan pada teman Anda adalah hitam bulat kecil pada kelopak putih. Terlebih dahulu perlu diperjelas beberapa hal mengenai apa yang Anda maksud dengan keluhan "telur cicak di kelopak mata kiri di bagian dalam kelopak mata"?

  • Sudah berapa lama keluhan dirasakan?
  • Adakah keluhan lain?
  • Berapa besar ukurannya?

Sulit untuk bisa menentukan apakah keluhan tersebut berbahaya jika tidak diketahui bentuk fisiknya dengan lebih detil. Untuk itu, sebaiknya teman Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan langsung sehingga dapat ditentukan apa yang menjadi masalahnya. Hal ini penting karena diperlukan wawancara medis yang mendetil dan pemeriksaan fisik langsung terlebih dahulu untuk bisa mengetahui apakah sebuah keluhan merupakan suatu masalah atau bukan.

Kedutan di daerah wajah termasuk di daerah bawah mata dapat disebabkan oleh fasikulasi atau tik fasialis. Tik fasialis biasanya melibatkan sekumpulan otot wajah. Bila kedutan hanya bagian di bawah mata saja, biasanya disebut fasikulasi. Hal yang dapat mencetuskan biasanya adalah hipokalsemia (kekurangan kalsium dalam darah). Cara mengatasinya dapat dengan menambah suplemen kalsium.

Bila kedutan terjadi hampir di sekumpulan otot wajah, mungkin tik fascialis. Anda perlu berkonsultasi lebih lanjut ke dokter saraf (neurolog) untuk mengatasi hal ini. Bila tidak membaik dengan suplemen kalsium, kami menyarankan Anda untuk berobat ke dokter.

Kami sertakan artikel:

Jangan Sepelekan Kedutan di Wajah

 

9 Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar