Sukses

Sering Sesak Napas Mengkhawatirkan

30 Mar 2014, 20:46 WIB
Pria, 27 tahun.
Dokter saya mau tanya apa penyakit psikomatis itu berbahaya?apa penyakit psikomatis bisa disembuhkan sendiri?bagaimana caranya dokter?sudah 1 blan dada nyeri dan sesak nafas....kalau lagi senang bahagia dia ngak terasa...sudah cek jantung n paru normal...setiap sasesak nafasnya trus menerus dokter...hilangnya kalau saya lagi sibuk main m teman dan lagi senam...saya cemas dan takut dokyer...hari saya menjadi suram apalagi kalau sendrian .. Trima kasih...
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Saat ini, pada usia Anda memang sebaiknya sudah melakukan pemeriksaan kesehatan rutin (medical check up) agar dapat memantau kondisi kesehatan Anda. Anda sebaiknya melakukan medical check up (Kapan Anda Memerlukan Medical Check Up?) untuk mengetahui status kondisi kesehatan Anda saat ini, jika keluhan yang Anda alami tidak khas. 

Jika Anda telah menjalani serangkaian pemeriksaan fisik dan penunjang terkait dengan gejala sesak napas sesuai anjuran dokter Anda dan tidak didapatkan kelainan secara fisik terkait keluhan Anda maka masalah yang Anda alami mungkin adalah gangguan psikosomatis.

Gangguan psikosomatis adalah terjadinya keluhan fisik namun tidak ditemukan adanya gangguan fisikal yang dapat menjelaskan penyebab dari keluhan tersebut. Sindroma ini diklasifikasikan sebagai bagian dari neurotik, gangguan yang berkaitan dengan stres, dan gangguan somatoform oleh World Health Organization. Keluhan Anda mengarah ke psikosomatis bila tidak ditemukan kelainan baik fisik maupun pemeriksaan fisik dan penunjang pada Anda. Selain itu keluhan Anda tidak membaik dengan berbagai obat-obatan yang sudah diberikan.

Pengobatan psikosomatis merupakan integrasi berbagai bidang ilmu seperti psikiatri, psikologi, neurologi, dan berkaitan dengan bidang keluhan Anda yaitu penyakit dalam. Sebelumnya harus dicari terlebih dahulu apa pencetus dari psikosomatis ini, apakah faktor stres, depresi, atau penyakit kronik yang membuat seseorang menjadi depresi (kanker, asma, ulkus peptikum, stroke) atau malah ketakutan bila mengidap penyakit tertentu.

Gangguan cemas juga dapat memberikan gejala berupa sesak napas, nyeri dada, jantung berdebar, keringat berlebih, dsb. Jika Anda selalu diliputi ketakutan maka apapun aktivitas yang Anda lakukan, Anda akan mengalami keluhan-keluhan yang memberatkan Anda.

Kami sertakan beberapa artikel untuk menambah informasi Anda:

Sesak Napas

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar