Sukses

Biaya Membersihkan Karang Gigi dan Memutihkan Gigi

30 Nov 2015, 14:29 WIB
Wanita, 18 tahun.

dok, bagaimana cara merawat atau mengembalikan kesehatan gigi yang rusak cukup parah, seperti gigi kuning dan gigi graham sudah berlubang cukup besar serta berkarang? apakah biayanya cukup mahal ? terimakasih. dimohon bantuannya dok.

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah kontrol ke dokter gigi, kapankah terakhir Anda kontrol ke dokter gigi? Apabila hal tersebut telah dilakukan lebih dari 6 bulan yang lalu maka segeralah ke dokter gigi.

Pada saat berkonsultasi utarakan semua keluahan Anda dan berdiskusilah mengenai semua masalah gigi dan mulut Anda serta perawatan yang perlu dilakukan.

Gigi yang berlubang seharusnya dirawat apalagi bilamana gigi tersebut mengalami lubang yang dalam dan besar, semakin ditunda perawatan tersebut maka akan semakin besar resiko keadaan menjadi lebih parah.

Mencegah terjadinya pembentukan karang gigi adalah dengan menjaga kebersihan rongga mulut dan gigi. Menyikat gigi 2 kali sehari dengan metode yang benar adalah hal yang mutlak dalam menjaga kebersihan gigi dan mencegah terbentuknya karang gigi, jadi walaupun Anda telah menyikat gigi 2 kali sehari tetapi dalam metode menyikatnya tidak benar sehingga kebersihan tidak optimal maka karang gigi juga dapat terbentuk.

Silakan klik next untuk melanjutkan.

Biaya Membersihkan Karang Gigi dan Memutihkan Gigi

Pembersihan karang gigi harus dilakukan, karena karang gigi yang dibiarkan dalam mulut dan tidak dibersihkan menyebabkan terjadinya keradangan gusi dan kemudian berlanjut pada tahap yang lebih parah yaitu keradangan jaringan pendukung gigi yang dapat menyebabkan goyangnya gigi dan selain itu karang gigi juga merupakan tempat bakteri berkembangbiak .Pembersihan karang gigi hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi dengan bantuan alat secara manual atau dengan alat ultrasonic, dimana alat ini bekerja dengan getaran ultrasonik pada bagian ujungnya yang berbentuk sedikit runcing agar dapat memecah karang gigi hingga ke tempat yang sulit dijangkau, termasuk karang gigi yang ada di bawah gusi, dengan cara penggunaan yang benar dan tepat sesuai petunjuk pemakaian,alat ultrasonic  ini cukup aman bagi permukaan gigi dan akar.

 Memutihkan gigi sebaiknya dilakukan setelah berkonsultasi dahulu ke dokter gigi. Memang ada bahan-bahan pemutih gigi yang beredar di pasaran dan dapat dibeli secara bebas tanpa resep dokter, namun konsumen sebaiknya terlebih dahulu mendapatkan informasi secara lengkap mengenai indikasi dan macam bahan pemutih gigi serta efek samping yang mungkin akan dialami pasien, begitu pula dengan penggunaan pasta gigi whitening yang hasilnya tidak maksimal atau sesuai yang diharapkan.

Pemutihan gigi paling baik dilakukan oleh dokter gigi. Biaya yang harus dikeluarkan untuk perawatan dental bleaching bervariasi, namun memang relatif  cukup mahal. Untuk sekedar informasi dan perbandingan, biaya perawatan pemutihan gigi di salah satu klinik di Jakarta menetapkan biaya Rp 3.500.000 dan untuk biaya pembersihan  karang gigi berkisar Rp 300.000,  tentu saja harga ini cukup bervariasi pada tempat-tempat  lainnya.

Berikut artikel terkait yang dapat Anda baca.

A-Z bleaching

Plak dan Karang Gigi

Pembersihan Karang Gigi Merusak Email?

Gusi Berdarah karena Karang Gigi

Rupa-rupa Tambalan Gigi

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

drg. Arni Maharani

1 Komentar

  • azi******ena

    Halo Kak, aku salah satu pasien di The Clinic Beautylosophy. Kemungkinan untuk hal tsb bisa dilakukan Penambalan & Teeth Whitening, tapi konsultasi dulu aja sama dokter Kak, kebetulan disana lg ada promo Dental Care selama bulan September, lumaya kan hehe... Dokter disana juga bagus&profesional.