Sukses

Haid Tidak Teratur

29 Mar 2014, 21:17 WIB
Wanita, 16 tahun.
Saya murid SMA kelas 2 Awalnya menstruasi sebulan sekali, tapi kadang2 jadi 2 bulan sekali. Tapi udah 3 bulan ini saya belum haid. Itu kenapa yah ? Padahal saya ga pernah macem2. Jadi kepikiran terus jadi ga konsen buat belajar.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.Terima kasih atas pertanyaan anda,

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Izinkan kami menjelaskan tentang pola siklus haid normal. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Perlu ditekankan, bahwa haid yang teratur bukan berarti harus selalu pada tanggal yang sama setiap bulannya. SIklus haid dihitung dari hari pertama haid sampai hari pertama haid pada bulan berikutnya. Jika siklus menstruasi masih dalam kisaran waktu di atas maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan, meskipun waktunya bergeser. Bila tanggal menstruasi sebelumnya mundur, maka kemungkinan besar tanggal menstruasi berikutnya juga mundur. Siklus menstruasi dapat sedikit bervariasi bergantung pada keseimbangan hormon.Gangguan haid Anda dapat berupa menoragia, yaitu dimana jumlah perdarahan haid Anda lebih dari normal, berlangsung lebih dari 7 hari. Atau dapat juga oligomenorea dimana jumlah perdarahan sama tetapi jadwal haid menjadi lebih jarang.

Penyebab dari gangguan haid yang Anda alami dapat bermacam-macam. Dapat disebabkan oleh gangguan hormonal ataupun gangguan di saluran reproduksi. Untuk memastikan penyebab dari keluhan Anda, kami sarankan Anda segera menemui dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk melakukan konsultasi langsung dan pemeriksaan lengkap. Apalagi Anda merasa bahwa terkadang haid Anda berbau, terdapat kemungkinan ada faktor penyebab yang harus segera ditangani untuk mengobati gangguan yang Anda alami.

Untuk menambah wawasan Anda, berikut adalah beberapa artikel yang dapat membantu menjelaskan beberapa gangguan haid dan topik menarik terkait haid:

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (AN)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar