Sukses

Dermatitis Akibat Krim Wajah

20 Oct 2014, 08:01 WIB
Wanita, 20 tahun.
dok, sudah hampir satu tahun ini saya terkena dermatitis periorial, saya kurang tau penyebab awalnya. mungkin karena pemakaian krim. saya sudah beberapa kali ke dokter kulit, namun tidak ada perubahan. dokter hanya memberikan salep dan krim. dari yang saya baca dermatitis periorial akan lebih efektif penyembuhannya secara oral. tapi dokter tidak pernah memberikan resep untuk obat oral. saya juga kurang tau kenapa dokter tidak menyarankan pengobatan secara oral. beberapa bulan saya sudah menghentikan pemakaian krim, namun hasilnya tetap sama. belum ada perubahan pada dermatitis saya. apa yang harus saya lakukan dok? ini sangat mengganggu. apalagi saat sedang meradang.. mohon pencerahannya dan terimaksih sebelumnya
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami memahami kekhawatiran Anda. Penanganan dermatitis akibat penggunaan krim tentu harus diawali dengan penghentian penggunaan krim tersebut. Umumnya juga diberikan obat golongan antihistamin untuk mengurangi gatal. Pada keadaan reaksi radang yang berat dapat dibantu dengan obat golongan lain yang lebih kuat. Namun semua ini perlu didahului dengan pemeriksaan oleh dokter. Izinkan juga kami menjelaskan tentang tips pemilihan kosmetik dan krim yang aman untuk wajah.

Dewasa ini sangat banyak pihan yang ditawarkan oleh produsen kosmetik untuk memperjaya pilihan usaha memperindah kulit kita. Tidak sedikit pula yang menawarkan janji-janji menggiurkan dari yang menawarkan wajah putih instan dalam hitungan waktu mingguan hingga yang kosmetik yang mampu membuat wajah tetap awet muda.

Padahal, jika ditelusuri lebih jauh, tidak sedikit produk kosmetik yang beredar dipasaran belum tentu melengkapi kebutuhan jaminan keamanan kesehatan bagi kulit anda. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan ikutilah beberapa kiat berikut ini:

  1. Teliti sebelum membeli. Pastikan merek kosmetik pilihan anda terdaftar oleh Dinas Kesehatan RI dan BPOM RI.

  2. Sesuaikan kebutuhan kosmetik dengan jenis kulit anda. Penting juga untuk menyesuaikan merk produk yang sesuai dengan kulit anda.

  3. Sekali lagi, teliti sebelum membeli. Analisa baik-baik semua bahan yang terkandung dalam produk kosmetik yang dipilih. Tentunya sebelumnya dengan bantuan analisa medis oleh ahli medis kulit untuk mendiagnosa bahan kimia apa saja yang menjadi halangan dikonsumsi kulit Anda jika ada.

  4. Penting adanya khusus bagi wanita hamil. Pasalnya, sedikit banyak gejala gangguan medis selama mengandung penting untuk diperhatikan besar tidaknya timbulnya gangguan kepada janin yang dikandungnya. Seperti halnya pemakaian alat kosmetika pemoles bibir, penting utnuk dicermati apakah mengandung zat pewarna dan pengawet yang membahayakan bagi janin jika tertelan.

Kami lampirkan beberapa artikel untuk Anda baca:

Kerutan dan Keriput (27 November 2013)
Waktu-waktu Tepat Merawat Kulit (26 November 2013)
Masker Wajah (26 November 2013)
Perawatan Kulit Berdasarkan Metode (26 November 2013)
Cantik Sehat dan Alami (26 November 2013)

Demikian informasi yang kami sampaikan. (AN)

Salam

Tim redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar