Sukses

Dimanakah Letak Kanker Serviks?

19 Oct 2014, 15:28 WIB
Pria, 25 tahun.
dok kenapa ya di vagina sebelah kiri sakit kalo ditekan sakit hingga ke bokong vagina nyut2x an jadinya.... trus kanker serviks letaknya dimana ya dok Trims....
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Sudah berapa lama keluhan nyeri tersebut Anda rasakan? Apa yang memicu rasa nyeri tersebut? Sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter agar diketahui apa penyebabnya. Mengenai Ca cervix atau kanker serviks adalah kanker yang terjadi pada area leher rahim yaitu bagian rahim yang menghubungkan rahim bagian atas dengan vagina, Kanker serviks disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV), sebagian besar disebabkan oleh HPV-16 dan HPV-18.

Faktor risiko kanker serviks diantaranya:

  • Hubungan seksual pertama kali < 16 tahun
  • Sering berganti-ganti pasangan seksual
  • Jumlah kehamilan/jumlah anak banyak
  • Merokok
  • Kontrasepsi: penggunaan kontrasepsi pil dalam jangka waktu lama (>5 tahun) meningkatkan risiko kanker leher rahim sebanyak 2 kali. 
  • Daya tahan tubuh lemah:  p

    ada wanita imunokompromise  (penurunan kekebalan tubuh) seperti transplantasi ginjal dan HIV, dapat mengakselerasi (mempercepat) pertumbuhan sel kanker dari noninvasif menjadi invasif (tidak ganas menjadi ganas)
  • Infeksi HPV (Human Papilloma Virus)

Untuk mencegah terjadinya kanker serviks, maka Anda harus menghindari faktor risiko yang disebutkan di atas. Selain itu, Anda dapat melakukan vaksinasi HPV.

Gejala kanker serviks:

  • Perdarahan abnormal atau flek (bercak perdarahan) yang keluar dari vagina terutama setelah melakukan hubungan seksual. Perdarahan dapat ditemukan di antara 2 siklus haid, saat haid (jumlah perdarahan haid bertambah), bahkan setelah menopause. 
  • Stadium lanjut: bercak vagina yang berbau, penurunan berat badan, dan obstruksi (sumbatan) dalam berkemih, nyeri panggul.

Cara mendeteksi tanda paling awal yang dapat ditemukan sebelum berkembangnya kanker serviks (lesi pra-kanker serviks) hanya dapat ditemukan melalui pemeriksaan pap smear atau IVA (inspeksi visual dengan asam asetat) yang dilakukan oleh dokter umum/spesialis kebidanan dan kandungan. Jika Anda sudah pernah melakukan hubungan seksual maka dapat dilakukan pemeriksaan vagina dengan papsmear.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (AK)

Salam,


Tim Redaksi KlikDokter


 

0 Komentar

Belum ada komentar