Sukses

Pola Makan dan Pola Tidur Memengaruhi Vertigo?

18 Oct 2014, 18:25 WIB
Wanita, 20 tahun.
kurang lebih 1minggu yang lalu, tapi setelah saya pejamkan mata beberapa saat rasa pusing dan berputar-putar tersebut menghilang.. apakah pola makan dan pola tidur yang tidak benar bisa berpengaruh terhadap penyakit Vertigo tsb???
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda, oleh karena itu ijinkan kami menjelaskan sedikit mengenai vertigo. Vertigo atau yang disebut juga dizziness dan giddiness adalah gejala pusing yang bisa terjadi pada siapa saja, mulai dari gejala yang ringan hingga yang cukup berat. Vertigo bisa ditandai dengan rasa pusing seperti kepala berputar dan penglihatan terbalik. Akibatnya penderita mengalami rasa pusing yang sangat dan tidak akan mampu bangun karena rasa pusingnya.

Vertigo bisa berlangsung hanya beberapa saat atau bisa berlanjut sampai beberapa jam bahkan hari. Penderita kadang merasa lebih baik jiga berbaring diam, tetapi vertigo bisa berlanjut meskipun penderita tidak bergerak sama sekali.

Jenis vertigo yang sering ditemui adalah benign paroxysmal positional vertigo, dimana akan terjadi secara mendadak dan berlangsung kurang dari satu menit. Perubahan posisi kepala, biasanya terjadi ketika penderita berbaring, bangun, berguling diatas tempat tidur atau menoleh ke belakang, yang biasanya memicu terjadinya vertigo selanjutnya.

Penyakit ini disebabkan oleh adanya endapan kalsium di dalam salah satu kanal semisirkularis di dalam telinga bagian dalam. Vertigo jenis ini mengerikan, tetapi tidak berbahaya dan biasanya menghilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu atau bulan. Serta tidak disertai hilangnya pendengaran maupun telinga berdenging.

Vertigo bisa disebabkan oleh kelainan di dalam telinga, di dalam saraf yang menghubungkan telinga dengan otak dan di dalam otaknya sendiri. Vertigo juga bisa berhubungan dengan kelainan penglihatan atau perubahan tekanan darah yang terjadi secara tiba-tiba.

Penyebab umum dari vertigo: bisa dari lingkungan (mabuk darat atau laut), obat-obatan (alkohol), kelainan sirkulasi atau gangguan fungsi otak sementara karena berkurangnya aliran darah ke salah satu bagian otak, kelainan di telinga, dan tumor otak.

Setelah Anda mengetahui penyebabnya, sekarang Anda tahu bahwa pola makan dan pola tidur tidak menyebabkan vertigo.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (AK)

Salam,


Tim Redaksi KlikDokter

  

0 Komentar

Belum ada komentar