Sukses

Vagina Berubah Bentuk Pasca Pubertas

20 Oct 2014, 10:22 WIB
Wanita, 15 tahun.
hai dok.. saya mau nanya tentang (maaf) vagina. mama saya pernah bilang kalau vagina anak yg blm pubertas itu beda dengan vagina anak yg sudah pubertas/remaja, mama saya menjelaskan perbedaannya walaupun tdk detail saya sudah tau perbedaannya karena saya pernah browsing di google (cuma untuk pengetahuan, bukan yg lain-lain) tapi dok, (maaf) punya saya kok bentuknya masih seperti anak kecil yg belum pubertas ya? padahal saya sudah pubertas. saya pernah sekedar tanya pribadi sama teman saya bagaimana bentuk vagina mereka, dan mereka menjawab dg ciri-ciri yg pernah mama saya bilang. dan punya saya berbeda dengan punya mereka, Dok. saya takut kalau saya tidak normal. mohon dijawab ya Dok, terima kasih.
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Pada dasarnya seiring dengan pertambahan usia, maka tubuh manusia akan terus berubah. Alat kelamin sekunder (payudara, rambut ketiak, rambut kemaluan) akan bertumbuh dan sangat terasa perubahannya terutama pada masa pubertas, demikian pula dengan alat kelamin (vagina). Kulit vagina orang dewasa akan lebih hitam dari sebelumnya dan bibir kemaluan akan menjadi lebih besar pula. Kondisi ini bagi sebagian besar wanita justru 'dirasa' kurang menarik dan menjadi keluhan. 

Tidak ada yang salah dengan diri Anda, jika tiba saatnya nanti vagina Anda akan semakin 'matang' dan berubah sesuai dengan proses alami yang sudah terprogram dengan sempurna.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (AK)

Salam, 


Tim Redaksi KlikDokter.

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar