Sukses

Masa Pertumbuhan Nafsu Makan Meningkat

28 Mar 2014, 16:47 WIB
Pria, 18 tahun.
Dear Dokter, Dok akhir2 ini saya mengalami lapar melu2, padahal saya sudah lumayan banyak makannya. saya merasa apa yang saya makan cuma numpang lewat saja, dan tidak ada reaksi manfaat itu sendiri dari jenis makanan yang saya makan. Apakah yang terjadi dengan saya, apakah di sistem pencernaan saya ada suatu bakteri jahat yang mencuri nutrisi2 saya dok. Saya sangat kwatir dengan maslah ini. Rasa lapar yang terus menerus membuat saya capek. Terkadang tidur pun tidak nyenyakk... Yang saya ingin tanyakan, bagaimana cara menghadapi masalah saya ini dok, terus makanan apa yang dapat membuat rasa kenyang lebih tahan lama. Kemudian dari SMA badan saya segini2 saja dok, padahal saya sudah makan makanan yang cukup bergizi. Terkadang saya berfikir, percuma saya makan-makanan yang enak dan bergizi tetapi tidak ada efek sama sekali dalam proses pertumbuhan ku. Hanya nikmat sesaat dan nikmat di mulut saya. Tolong dijawab dengan detail ya dokk... Terima kasih sebelumnya atas kawabannya, Regards, Hermhand
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Saat ini Anda berada dalam proses pertumbuhan. Masa pertumbuhan adalah masa dimana seluruh tubuh Anda sedang aktif, dan memerlukan banyak sekali energi yang dirubah dari makanan yang Anda makan. 

Tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu genetik (keturunan), gizi, dan lingkungan. Genetik dalam hal ini adalah tinggi badan kedua orangtua.

Rumus memperkirakan tinggi anak berdasarkan tinggi orangtuanya adalah :

  • Anak laki-laki= (Tinggi Ibu + 13) + Tinggi Ayah (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm
  • Anak perempuan = (Tinggi Ayah - 13) + Tinggi Ibu (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm

Dari faktor gizi yang diperlukan tentu saja protein untuk pertumbuhan dan perbaikan sel yang diikuti oleh gizi seimbang dari sumber lainnya. Sedangkan lingkungan dalam hal ini berarti adalah olahraga untuk melancarkan aliran darah dan membantu metabolisme agar berjalan dengan baik (seperti berenang, berlari, dan jenis aerobik).

Namun perlu diketahui bahwa penambahan tinggi badan dapat dilakukan apabila lempeng pertumbuhan yang terdapat di tulang panjang masih terbuka. Lempeng tersebut terbuka pada saat usia pubertas dan baru akan menutup pada usia 20-21 tahun.Namun menutupnya lempeng pertumbuhan harus dibuktikan dengan foto rontgen di beberapa area tulang.

Yang Anda perlukan hanyalah menjaga asupan nutrisi Anda yang cukup protein dan kalsium serta berolahraga teratur. proses pemadatan tulang dewasa akan berhenti sampai usia 35 tahun. Untuk menunjang pertumbuhan yang optimal di butuhkan vitamin untuk kekuatan tulang yaitu vitamin D, kalsium, dan phospor. Semua vitamin tersebut terangkum dalam makanan yg mengandung protein. baik itu protein hewan atau nabati, serta unsur sayuran hijau. contoh protein hewani yaitu: daging, ayam atau ikan,kerang, cumi, serta putih telur. contoh protein nabati yaitu: tahu tempe dan kacang2an kering lainnya seperti kacang tanah, kacang hijau, kacang polong dsb.Tidak diperlukan suplemen dalam hal ini apabila kebutuhan nutrisi Anda sudah cukup.

Tips meninggikan badan . Tinggi Badan badan seseorang mengandung unsur genetik dari kedua orang tua . Tapi tidak menutup kemungkinan tinggi badan tersebut dapat bertambah meskipun tidak terlalu banyak . Faktor - faktor yang dapat mempengaruhi Tinggi Badan seseorang :

Kami juga lampirkan beberapa artikel terkait siklus haid untuk Anda baca:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (AK)

Salam, 


Tim Redaksi KlikDokter.

0 Komentar

Belum ada komentar