Sukses

Nyeri Kaki, Tangan & Bengkak Pada Diabetes

20 Oct 2014, 09:51 WIB
Pria, 57 tahun.
Siang,Dok... Saya mau menanyakan,ayah saya menderita diabetes...tetapi kadar beberapa kali cek kadar gul atidak terlalu tinggi selisihnya dari kadar gula normal.. Akhir2 ini beliau mengeluhkan sakit di daerah kaki,tiap tidur terasa sakit, cekot-cekot...kadang bengkak,terus buat jalan juga terasa sakit...tangan sebelah kiri jg sakit,untuk beraktifitas agak susah.. Mohon info,dok...lebih tepatnya apa yg diderita oleh ayah saya... pengobatan/terapinya seperti apa dan juga makanan yg baik & tidak baik apa saja Terima kasih

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ijinkan kami mengajukan beberapa pertanyaan. Berapa kadar gula darah yang telah diperksa ayah Anda ? sudah berapa lama ayah Anda menderita diabetes ? apakah teratur dalam mengkonsumi Obat Hiperglikemia Oral ? Ada kemerahan? Apakah ada tergigit binatang/serangga? Seberapa besarkah bengkaknya? kedua kaki atau salah satu kaki ?Apakah ada luka sebelumnya? Apakah ada gejala baal pada ayah Anda? 

Nyeri pada kaki dan tungkai pada penderita diabetes seperti ayah Anda, Kerusakan ini merupakan efek kadar gula darah yang tinggi serta sirkulasi darah yang kurang baik. Gejala yang umumnya ditemukan pada diabetes adalah baal pada kaki dan tungkai. Selain itu, saraf yang rusak juga bisa salah menerjemahkan sinyal. Sentuhan biasa saja dapat dianggap oleh saraf yang rusak sebagai nyeri. Nyeri yang dirasakan dapat berupa nyeri terbakar, kesetrum, atau seperti ditusuk-tusuk pada tungkai, lengan, atau tangan.

Sedangkan gejala bengkak di sebelah kaki bisa bermacam-macam sebabnya, mulai dari trauma (terbentur), terkena infeksi, kanker atau tumor, tergigit binatang, kelainan kelenjar getah bening. Kaki bengkak pada kedua kaki dapat diakibatkan karena gangguan jantung, ginjal.

Berikut 8 tips untuk mengatasi nyeri saraf yang menganggu ini:

1. Kontrol gula darah.

2. Rawat kaki.

·   Jaga kebersihan kaki dan periksa setiap hari.

·   Gunakan sepatu yang nyaman.

·    Gunakan kaus kaki dengan pelapus pada bagian depan dan tumit kaki.

·     Potong kuku kaki lurus.

3. Jalan kaki teratur.

Olahraga memperbaiki aliran darah ke saraf di tungkai dan kaki sehingga dapat memperbaiki saraf yang rusak. Olahraga juga menolong mengurangi kadar gula darah secara umum dan meningkatkan ambang nyeri saraf.

4. Mandi air hangat.

Air hangat membantu aliran darah ke kulit tungkai dan kaki.

5. Konsumsi vitamin B kompleks.

Vitamin B (B1, B12, B6, dan asam folat) penting untuk kesehatan saraf. Konsumsi vitamin B1 25 miligram, B2 200 mikrogram, B6 25 miligram, dan asam folat 1 miligram setiap hari.

6. Gunakan obat anti nyeri bila perlu.

7. Gunakan krim capsaicin untuk mengurangi nyeri saraf.

 

Untuk mendiagnosa suatu penyakit dan penyebabnya diperlukan anamnesa, permeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan,dimana hal-hal tersebut tidak dapat kami lakukan karena keterbatasan kami. Oleh karena itu sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan sehingga dapat mendapatkan pengobatan yang sekiranya diperlukan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA).

Salam,                                       

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar