Sukses

Menghilangkan Kantung Mata

26 Mar 2014, 12:11 WIB
Wanita, 20 tahun.
Saya memiliki kantong mata yang sangat hitam, awalnya saya kira hal itu lumrah karna saya sll tdur larut malam selain itu sya jg pnderita mata minus. Namun ketika saya coba memakai kosmetik2 utk mnyamarkan kantong mata, tdk pernah ada hsilny seolah2 wrna hitam d bwh mta sya itu permanen. bahkan smakin lma muncul kerutan2 yg ckup parah di area sekitar mata saya.jadi pertanyaany dokter, A. Apakah ini merupakan suatu indikasi bahwa saya menderita suatu penyakit tertentu? B. Jika saya melakukan pengobatan.saya harus pergi kemana, ke dokter spesialis mata ataukah spesialis kulit? C. Kira2 adakah obat/kosmetik yg beredar di pasaran yg bs sya beli untk mnylesaikan mslh sy ini? . Trimaksih

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Lingkaran hitam dan kantung mata disebabkan penumpukan cairan pada daerah bawah mata yang memang merupakan daerah dengan jaringan kulit dan penunjang yang paling tipis dan paling longgar. Beberapa penyebab timbulnya kantung mata yaitu:

  • Kurang tidur
  • Konsumsi makanan tinggi garam atau menangis pada malam hari
  • Posisi tidur miring atau tengkurap
  • Proses penuaan: semakin tua, lapisan kulit dan jaringan sekitar mata melemah sehingga lemak penunjang mata mengendur dan terbentuk kantung mata
  • Tanda penyakit tertentu: alergi, sinusitis, masalah tiroid

Mata merupakan salah satu tanda penuaan yang muncul paling awal. Kantung mata merupakan salah satu keluhan yang umum dikeluhkan. Ikuti tips-tips di bawah ini untuk menjaga mata terlihat muda dan bebas kantung mata:

  1. Tidur cukup 7-8 jam per hari
  2. Jangan merokok dan selalu aplikasikan tabir surya di kulit sekitar mata. Merokok dan pajanan sinar ultraviolet melemahkan kolagen dan dapat menyebabkan munculnya keriput dan “turunnya” kulit mata.
  3. Gunakan pelembab pada area mata pada malam hari. Pelembab jenis apa pun dapat memberikan hidrasi yang diperlukan oleh area tersebut.
  4. Gunakan krim vitamin A atau asam retinoid (tretinoin) sebagai regimen perawatan kulit harian. Regimen ini digunakan untuk mencegah keriput dan memperbaiki garis-garis kulit wajah yang sudah ada.
  5. Lakukan kompres dingin, gunakan sendok yang sudah didinginkan, potongan timun, atau kantung teh yang sudah dimasukkan ke dalam freezer. Suhu dingin yang ada dapat mengurangi pembengkakan yang ada.
  6. Ganti posisi tidur. Posisi tidur dapat berkontribusi terhadap timbulnya kantung mata. Karena daya gravitasi, tidur dalam posisi miring atau tengkurap menyebabkan cairan terkumpul di bawah mata. Sebaiknya tidur dalam posisi terlentang dan gunakan bantal ekstra.
  7. Hindari menggosok-gosok mata, tidur tanpa membersihkan make-up, minum minuman alkohol.

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk terapi lebih lanjut.

Kami lampirkan juga beberapa artikel lain untuk menambah wawasan Anda tentang kesehatan kulit wajah:

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, Semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim redaksi Kliikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar