Sukses

Anak Suka Jajan

19 Oct 2014, 07:20 WIB
Pria, 3 tahun.
Salam kenal dok, Saya punya anak kakak laki2 usia 3 tahun, sngat bijak, pintar dan cpt nangkap klu org lain bicara, ngomong ny dh kyak org dewasa smpai tman2 belum bsa blng huruf R tp anak kakak saya ini dh bsa dok dan fasih lg, cpt mengingat hobby ny ya itu klu ke mall makan di restoran, main timezone dan beli mainan, g di mall g di rumah kerja nya hny beli jajan dan mainan klu msak2 dirmh y kdng2 mau kdg2 tdk mau dok, klu di rmah tiap hari jajan dan beli mainan, pdhl mainan nya dh bnyk di rmh tp y nama ny anak2 y cpt rusak, jajan ny spt minuman teh kotak, teh botol, klupun kue2 atau roti yg sering dijual sm tkang roti.. Orgtua nya tdk kasi makanan2 yg berwarna spt bakso atau sosis yg bnyk dijual di skolah2..anak kakak sya itu di asuh/dijaga sma kakak asuh, krna ortu nya 22 nya kerja, yang mau sya tnykan 1.Ada tdk hubungan nya anak yg banyk jajan baik itu jajan roti dan mainan dngan perilakku anak yang pintar, aktif dan bijak?? 2.Apakah setiap anak emang bgtu tingkah laku nya? atau ada yg salah dngan didikan ortuny? 3.Gmn ya dok cara/solusi agar tdk bnyk jajan, krn org tuanya hrus mencari uang tambahan tuk biaya jajan tiap hari.. Terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

1. Perilaku anak dipengaruhi oleh banyak hal bukan hanya dari nutrisi yang didapatkan namun juga ajaran dari orangtua ataupun lingkungan sekolah/tempat tinggal. Memang jajanan yang dijual di luar kami tidak mengetahui kanudngan gizinya. Beberapa jenis jajanan cepat  saji mengandung MSG yang sangat tidak baik untuk tubuh, beberapa jajanan juga mengandung kadar gula yang tinggi, bahan pengawet dan pewarna buatan. 

2. Memang anak-anak mudah dipengaruhi oleh orang dan lingkungan. Jadi sebaiknya memang harus diajari dari rumah mana yang salah dan mana yang benar. Namun sulit juga bila di lingkungan sekolahnya semuanya jajan. 

3. Beberapa cara yang dapat dialkuakn adalah dengan membawakan bekal makanan dari rumah, namun kalau bisa disesuaikan dengan apa yang kira-kira anak itu suka namun tetap ada kandungan gizinya. Bisa juga anak perlahan-lahan dibilangi menegnai keburukan dari jajan diluar. Seperti kalau makanan kotor bisa infeksi, atau kalau jajan yang manis-manis bisa menimbulkan obestitas. Buat saja bekal yang dari rumah semenarik mungkin. Anda juga dapat mengurangi uang jajan anak tersebut. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar