Sukses

Penyumbatan Di jantung

18 Oct 2014, 23:01 WIB
Pria, 50 tahun.
Dari hasil lab.. pembuluh darah jantung telah mengalami penyempitan sekitar 40%, darah saya cenderung mengental. Unt menghilangkan penyempitan tsb harus minum apa ya ? Untuk menghambat agar pembuluh tdk bertambah sempit.. apa yg harus saya lakukan. Trima kasih atas perhatiaanya.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

  Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Penyempitan pada pembuluh darah jantung merupakan penyakit yang sering terjadi terutama dengan meningkatkanya usia.Penyempitan ini seringkali disebabkan oleh plak di jantung. Plak ini akibat dari kolestrol jahat yang menumpuk di pembuluh darah, teroksidasi, dan membuat peradangan lokal. Plak ini ditutupi oleh foam cell. Yang palng penting adalah mencegah agar plak tidak bertambah besar atau banyak, dan mempertahankan foam cell itu agar tidak lepas. Oleh karena saat lepas itu bisa berjalan-jalan dan menyebabkan beberapa penyakit seperti stroke, serangan jantung, ataupun thrombosis.

Untuk mencegah agar pembuluh darah jantung tersebut tidak semakin menyumbat menurut teori paling baik adalah dengan gaya hidup. Gaya hidup yang dimaksud adalah mengkonsumsi makanan yang sehat, mengkonsumsi anti-oksidant (vitamin C, E dan Beta Karoten), olahraga sedang (paling tidak 15-20 menit setiap harinya), cukup istirahat, menghindari rokok dan alkohol, banyak konsumsi air putih serta menghindari stres. Untuk masalah darah yang kental ada obat-obat yang dapat diberikan namun harus konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Satu hal lagi yang penting adalah rutin melakukan pemeriksaan 6 bulan -1 tahun sekali ke dokter jantung dan juga memeriksa ekanan darah, kadar kolestrol, gula, ginjal, dan asam urat. Kalau di usia 50 tahun juga tidak ada salahnya melakukan pemeriksaan EKG jantung. Obat yang diberikan oleh dokter jantung pun harus rajin dikonsumsi.

Kami sertakan beberapa artikel yang dapat Anda baca : 

Inilah Makanan Pencegah Stroke & Sakit Jantung

8 Langkah Atasi Kolestrol

Awas! Stres Dapat Menyebabkan Kolesterol

Penyakit Jantung Koroner

Jantung Sehat dengan Cukup 2000 Langkah Sehari

Demikian informasi yang kami dapat berikan, semoga bermanfaat (EA)

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar