Sukses

Nyeri Pinggang Kanan

24 Mar 2014, 23:43 WIB
Wanita, 46 tahun.
dok, mama saya sebulan yg lalu menjalani operasi arpendik, sebelum menjalani operasi mama saya mengalami keluhan nyeri yg tajam dibagian pinggang belakang sebelah kanan, bagain perut bawah sebelah kanan, dan dibagian hulu hati, trus tgl 20 feb 2014 dibawa kerumah sakit kata nya mama saya asam lambung, karena masih mengalami hal serupa tgl 23 feb 2014 mama saya dibawa lg k RS, kata nya mama saya mengalami usus buntu, tgl 23 tersebut siangnya langsung di operasi, setelah menjalani operasi mama saya jd susah BAB, sekarang mama saya mengalami hal serupa lg sakit dibagian pinggang yg sangat tajam, mohon solusi nya dok!! trus mama saya sebenarnya sakit apa?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Sakit pinggang dapat disebabkan oleh beberapa hal (otot, ginjal, saraf, tulang belakang). Bila menyebar hingga kaki dapat disebabkan oleh terjepitnya saraf. Nyeri pinggang juga dapat disebabkan oleh nyeri alih, misal pada batu ginjal atau dismenorea. Pada nyeri kolik karena batu ginjal, keluhan berupa nyeri tajam, seperti diremas, tiba-tiba,  yang terjadi pada bagian pinggang belakang atau pada perut bagian bawah. Nyeri ini dapat menjalar ke  daerah selangkangan dan nyeri terjadi terus menerus.

Nyeri pinggang yang menjalar sampai ke kaki dan meinimbulkan gangguan neurologik dapat disebabkan oleh hernia nukleous pulposus (HNP), suatu keadaan dimana sebagian atau seluruh bagian dari nukleus pulposus mengalami penonjolan kedalam kanalis spinalis. Sebaiknya ibu Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis syaraf untuk dilakukan pemerikaan dan terapi lebih lanjut.

Untuk menambah wawasan Anda, berikut kami rekomendasikan beberapa bacaan artikel mengenai nyeri pinggang:

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar