Sukses

Keringat Berlebih

24 Mar 2014, 15:19 WIB
Pria, 25 tahun.
Dokter yang baik, saya mengalami hyperhidrosis (keringat berlebih) utamanya di telapak tangan, telapak kaki dan daerah di atas bibir. Daerah lain yang terkena keringat berlebih adalah di sekitar hidung, ketiak, dan belakang lutut. Kondisi ini sudah saya alami sejak masih kecil. Kedua orang tua dan saudara saya tidak ada yang mengalami, tapi katanya dulu kakek saya (alm) mengalami kondisi yang sama dengan yang saya alami. Saya menyadari bahwa kondisi saya ini dipicu atau diperparah dengan mudahnya saya menjadi stress emosional. Jika saya tidur, saya rileks dan tidak berkeringat, tapi di situasi dimana saya nervous maka saya akan mulai berkeringat, dan menyadari tangan saya berkeringat dan menjadi perhatian orang malah memicu keringatnya semakin parah. Pengobatan apa yang perlu saya ambil? Saya bingung mau ke dokter kulit/penyakit dalam/saraf/ ataukah jiwa? Saya sudah menggunakan antiperspirant khusus hyperhidrosis tapi tidak banyak membantu untuk tangan dan kaki (tapi berfungsi baik di ketiak). Sekadar info saya tidak merokok dan masih berolah raga ringan dalam seminggu. Tidak ada riwayat diabetes dalam keluarga, tidak mengkonsumsi narkoba dan alkohol, dan pemeriksaan jantung (EKG) tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit jantung. Terima kasih atas perhatiannya. PS: Kenapa tidak ada dokter jiwa/ rubrik kejiwaan di klikdokter? Sekadar saran.
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Mengeluarkan keringat berlebih disebut juga dengan hiperhidrosis. Hiperhidrosis terdapat dalam 3 bentuk: diinduksi oleh emosi (umumnya terdapat pada telapak tangan, telapak kaki, dan ketiak), lokal, atau umum.

Hiperhidrosis umum atau menyeluruh ditandai oleh keluarnya keringat secara berlebihan di seluruh tubuh. Keadaan ini memang dapat disebabkan oleh adanya kelainan jantung, seperti gagal jantung atau infark otot jantung, kemungkinan karena adanya pengaruh peningkatan aktivitas sistem saraf simpatis. Gejala ini biasanya disertai gejala gangguan jantung lainnya, seperti jantung berdebar-debar, nyeri dada, sesak napas, bengak pada tubuh, dll.

Namun terdapat berbagai macam penyebab lain hiperhidrosis umum, seperti diabetes (kencing manis), kelainan kelenjar gondok (hipertiroid), tuberkulosis (keringat banyak pada malam hari), konsumsi obat-obat tertentu, atau bahkan tumor. Keadaan ini juga dapat disebabkan oleh gangguan cemas menyeluruh pada seseorang.

Sedangkan pertanyaan Bapak menyangkut keringat berlebih pada telapak tangan. Keadaan ini disebut juga hiperhidrosis palmaris, dan termasuk pada hiperhidrosis lokal (mempengaruhi hanya bagian tubuh tertentu). Hiperhidrosis lokal biasanya hanya terjadi di telapak tangan dan kaki (juga ketiak), umumnya disebabkan stimulasi emosi dan/atau suhu. Kelenjar keringat di telapak tangan dan kaki diatur oleh korteks serebral saja dan lebih responsif terhadap stimulasi emosi (stress, cemas, marah).

Anda dapat mencoba mempraktekkan teknik-teknik relaksasi untuk membantu Anda mengatasi faktor psikis atau berolahraga teratur untuk meningkatkan kebugaran sehingga dapat berperan membantu respon tubuh Anda terhadap suhu lingkungan.

Jika tangan Anda terus berkeringat tanpa adanya stimulasi emosi, sebaiknya Anda melakukan konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk mencari kemungkinan penyebab hiperhidrosis Anda. Untuk terapi hiperhidrosis Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah plastik untuk dilakukan terapi penyuntikan botoks.

Terkait dengan rubrik kejiiwaan di klik dokter, terimakasih atas saran Anda dan akan kami tampung untuk direalisasikan. 

Berikut kami sertakan artikel untuk menambah informasi mengenai keluhan Anda.

Waspadalah Jika Tangan Sering Berekeringat!

Hiperhidrosis

Botox untuk Pengobatan

5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Suntik Botox

Demikian keterangan yang dapat saya berikan. Senmoga membantu. (NO)

Salam, 

Tim Redaksi Klikdokter


 

0 Komentar

Belum ada komentar