Sukses

Cairan Putih dari Penis

24 Mar 2014, 15:52 WIB
Pria, 23 tahun.
Saya mau nannya dok, kalau cairan putih keluar dari kelamin pria, keluarnya gak di sadari, terus waktu buang air kecil tidak terasa sakit. Menurut dokter itu kenapa? Mohon informasinya dok, terimakasih
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sejak kapan cairan tersebut keluar? apakah ada gejala lain seperti nyeri pada kemaluan, demam, bengkak, dan sebagainya? Cairan yang keluar dari penis dapat terjadi secara normal (fisiologis) atau tidak normal (patologis). Secara fisiologis, pengeluaran cairan terjadi saat laki-laki terangsang secara seksual. Cairan ini bersifat pelumas sebelum ejakulasi. Selain itu, pada pria yang belum disunat, dapat terjadi penumpukan smegma di kulup (frenulum) penis dan bergabung dengan cairan pelumas ini, sehingga dapat terlihat bercak putih.

Secara patologis, cairan keluar saat tidak ada rangsangan seksual. Cairan dapat bersifat putih kehijauan atau bening. Keluarnya cairan yang patologis dapat disebabkan oleh infeksi menular seksual ataupun infeksi saluran kemih. Biasanya selain keluhan keluarnya cairan dari kemaluan juga disertai dengan keluhan nyeri saat berkemih, perasaan tidak tuntas saat berkemih, sering berkemih/anyang-anyangan, dan lain sebagainnya. Jika tidak ada gejala-gejala di atas, maka mungkin keluhan Anda dalam batas normal.

Jika keluhan dirasakan sangat mengganggu, sebaiknya periksakan ke dokter untuk pemeriksaan dan terapi lebih lanjut.

Berikut kami lampirkan artikel:

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar