Sukses

TB Paru, Apakah Menular?

24 Mar 2014, 12:46 WIB
Wanita, 23 tahun.
Selamat pagi dok, perkenalkan nama desta, wanita usia 23 tahun. Saya ingin bertanya dok, apakah TB paru sama atau tidak dgn TBC Paru-paru?? dan apakah penyakit tersebut menular?? Kakak saya kemarin di diagnosis terkena TB Paru, dan saya tinggal satu rumah dengannya,jika penyakit tersebut menular apakah besar kemungkinan saya tertular penyakit tersebut?? Adakah cara agar saya tidak tertular??
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Penyakit Tuberkulosis adalah penyakit yang disebabkan oleh kuman Tuberkulosis. Penyakit TB paru atau TBC merupakan penyakit yang salam. Gejala TBC Paru antara lain: batuk produktif (berdahak) lebih dari sama dengan 3 minggu, batuk berdarah, sesak napas, nyeri dada, lemah dan letih, berat badan menurun, nafsu makan menurun, berkeringat pada malam hari, demam yang tidak tinggi. Penentuan diagnosa tuberkulosis (TB) berdasarkan 3 hal, anamnesis dan pemeriksaan fisik yang mengarah, pemeriksaan dahak yang positif kuman TB, dan pemeriksaan rontgen yang memperlihatkan hasil TB.

Pemeriksaan mantoux pada orang dewasa tidak seakurat untuk anak-anak karena pada umumnya orang dewasa memang sudah banyak yang terinfeksi kuman TB namun tidak aktif atau tidak bermanifestasi. Secara otomatis apabila seseorang sudah terinfeksi kuman, maka kekebalan tubuhnya akan terbentuk dan mantoux akan positif. Seperti yang kami ungkapkan di atas, penentuan diagnosis TB pada orang dewasa bukan berdasarkan mantoux namun berdasarkan anamnesis dan pemeriksaan fisik, pemeriksaan dahak yang positif kuman TB, dan pemeriksaan rontgen. Untuk memastikan apakah Anda benar positif TB maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan dahak.

Untuk memastikan apakah Anda menderita TB Paru, seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda perlu diperiksa oleh dokter, dilakukan pemeriksaan rontgen dada, dan pemeriksaan dahak. Kami tidak dapat menentukan penyakit Anda tanpa melakukan pemeriksaan fisis langsung dan ditunjang hasil pemeriksaan rontgen paru maupun dahak. Karena itu kami menganjurkan agar Anda mengunjungi dokter untuk dilakukan pemeriksaan yang menyeluruh.

Orang yang tinggal satu rumah memiliki kemungkinan untuk tertular penyakit ini. Oleh karena pasien dengan TB paru harusnya di isolasi terutama bila infeksi kuman yang tinggi. Kuman ini paling senang tinggal di tempat lembab, jadi kami sarankan untuk membuka ventilasi rumah agar rumah tidak lemab. Dan untuk mencegah penularan bisa gunakan masker serta menjaga daya tahan tubuh. 

Kami lampirkan artikel Tuberkulosis untuk menambah pengetahuan Anda:

Tuberkulosis

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu dan anda lekas sembuh.(EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar