Sukses

Suplemen Melatonin dan Testosteron
19 Oct 2014, 07:09 WIB
Pria, 28 tahun.
Dok, saya mau tanya. Apakah menggunakan supplemen Melatonin dan supplemen hormon testerone secara bersamaan mempunyai efek negative / kontradiksi? Terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Apakah tujuan Anda mengkonsumsi suplemen tersebut? Jika Anda tidak mengalami defisiensi/kekurangan hormon testosteron maka tidak perlu tambahan testosteron. Kadar hormon testosteron yang terlalu tinggi dalam tumbuh dapat meningkatkan risiko kanker prostat dan sleep apnea.

Pil melatonin sering digunakan pada orang dengan gangguan tidur/kesulitan tidur (insomnia), namun penggunaan pil ini masih diperdebatkan. Pada dasarnya, melatonin merupakan hormon yang secara alami diproduksi oleh tubuh dan tidak pernah ada kasus seseorang defisiensi/kekurangan hormon melatonin. Melatonin diproduksi oleh kelenjar pineal dan mengatur siklus bangun tidur. Lingkungan atau ruangan gelap menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak meatonin, yang akan memberikan sinyal pada tubuh untuk tidur. Tidur dalam ruangan gelap akan menghasilkan kualitas tidur yang jauh lebih baik karena produksi melatonin yang lebih banyak. Cahaya akan menurunkan produksi melatonin. Jadi intinya, jika Anda memiliki gangguan tidur dan ingin meningkatkan produksi melatonin, tidurlah dalam ruangan yang benar-benar gelap.

Setiap obat yang diberikan harus sesuai indikasi dan memiliki efek samping masing-masing. Efek samping yang dapat ditimbulkan oleh pil melatonin adalah nyeri kepala, mual, gelisah, vivid dream, mimpi buruk, dan sebagainya. Sedangkan efek samping pil testosteron nyeri kepala, keracunan hati, peningkatan risiko kanker prostat, sleep apnea, polisitemia.

Sebagai tambahan informasi kami sertakan artikel: 

Demikian penjelasan saya. Semoga dapat membantu. (DK)

Terimakasih,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar