Sukses

Sakit Kepala Setelah Olahraga

20 Oct 2014, 07:56 WIB
Pria, 18 tahun.
Assalamualaikum wr.wb. Selamat malam sebelumnya, saya ingin tanya dok kenapa setiap saya selesai berolahraga kepala belakang saya selalu terasa pusing ya, khususnya setelah bersepeda dan lari. Padahal ketika saya kecil, ketika selesai berolahraga tidak ada masalah bahkan bisa dibilang baik-baik saja. Mohon pencerahannya dok. Terima kasih

Terima kasih atas pertanyaan Anda,

Sebelumnya harus dibedakan dulu antara pusing dan sakit kepala. Pusing biasanya memiliki gejala lingkungan seperti berputar atau disebut vertigo. Bagaimana dengan Anda, apakah pusing atau sakit kepala? Jika nyeri kepala, dirasakan di seluruh kepala atau sebelah? Seberapa sering Anda mengalami hal tersebut? Apakah hanya muncul setelah olahraga atau bisa kapan saja? Bagaimana dengan aktifitas Anda sehari-hari, apakah Anda sedang mengalami stres atau banyak pekerjaan? 

Kurang olahraga memang dapat menimbulkan keluhan sakit kepala. Olahraga dapat memperlancar peredaran darah ke otak dan mengurangi nyeri kepala tipe tension (karena otot yang kaku dan tegang). Selain itu pada saat olahraga, terjadi pengeluaran hormon endorfin yang bersifat sebagai painkiller sehingga dapat mengurangi nyeri. Maka dari itu, orang yang jarang olahraga biasanya lebih sering mengalami keluhan nyeri kepala.

Namun, nyeri kepala juga dapat muncul setelah olahraga yang disebut sebagai effort migraine atau exercise related migraine atau post exercise migraine. Hal ini biasanya disebabkan karena olahraga yang berat atau ekstrim. Pada saat olahraga terjadi pelebaran pembuluh darah dan dapat menyebabkan teregangnya syaraf dan menghasilkan nyeri. Jangan lakukan olahraga intensitas tinggi secara mendadak. Jika Anda jarang berolahraga, lakukan olahraga dengan peningkatan intensitas secara bertahap namun rutin.

Sakit kepala juga dapat dipicu oleh dehidrasi dan cahaya matahari. Pastikan kebutuhan cairan Anda tercukupi saat olahraga, jangan biarkan tubuh dalam keadaan dehidrasi. Ada juga beberapa migraine yang terpicu oleh cahaya silau/cahaya matahari. 

Untuk sementara, kami sarankan Anda menjalani pola hidup yang sehat dengan:

  1. Makan teratur (3x/hari)
  2. Istirahat cukup (tidur dan bangun teratur, tidak bergadang)
  3. Olahraga (3-4x/minggu, masing-masing sesi 30 menit)
  4. Tidak merokok atau hindari paparan asap rokok atau asap polusi

Jika keluhan sangat mengganggu, Anda dapat mengkonsumsi obat anti nyer. Jika keluhan tidak juga membaik, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan diagnosis dan terapi.

Berikut artikel yang berhubungan dengan sakit kepala:

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (DK) 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar