Sukses

Nyeri Dada

21 Mar 2014, 17:09 WIB
Wanita, 25 tahun.
Dok hari ini saya sudah ke dktr umum, menurut beliau mungkin ada penyempitan pembuluh darah koroner di jantung dan saya diberi obat jantung isosorbide dinitrate. Saya juga minta paracetamol untuk pereda nyeri karena nyeri ini makin menjadi saat berpindah posisi tepat di bagian dalam payudara dok. Saran dari dktr umum saya kalo sampai 1-2 hari belum membaik sebaiknya saya ke dktr spesialis jantung untuk dicek. Apa ada saran lain atau asa komentar dok? Terima kasih ya dok sebelumnya

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Apakah sudah dilakukan pemeriksaan rekam jantung atau elektrokardiografi (EKG) oleh dokter Anda? Berapa tekanan darah saat diperiks? Apakah Anda merokok? Apakah nyeri dada munucl hanya jika berubah posisi? Anda mengatakan nyeri di payudara, sudahkah memeriksa payudara apakah terdapat benjolan atau tidak?

Nyeri dada tidak selalu disebabkan oleh jantung. eluhan seperti yang Anda sebutkan dapat disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya disebabkan karena gangguan jantung, gangguan otot atau tulang, paru-paru, saluran pencernaan atau psikologis.

Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada  kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina. Bagaimana dengan nyeri dada yang  Anda rasakan? 

Gejala nyeri angina umumnya dipicu oleh latihan (olahraga, aktivitas fisik, aktivitas seksual), emosi (stres, marah, ketakutan, frustrasi), dan menghilang dengan istirahat atau kombinasi dari istirahat dan nitrogliserin sublingual. Bagaimana dengan Anda? 

  • Nyeri karena masalah otot dan tulang: biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri akan membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.
  • Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.
  • Nyeri karena saluran pencernaan: biasanya karena maag/GERD. Gejala berupa rasa asam atau pahit di mulut dan nyeri ulu hati. Nyeri ini berkurang dengan pemberiaan obat lambung atau maag.
  • Nyeri dada karena masalah psikologis

Gejala penyakit jantung dapat dicurigai apabila Anda memiliki beberapa faktor risiko terkait, seperti 

  • Merokok, berapapun jumlahnya
  • Kadar kolesterol total dan kolesterol LDL yang tinggi
  • Hipertensi
  • Kadar kolesterol HDL yang rendah
  • Diabetes Mellitus
  • Usia lanjut
  • Obesitas (IMT > 25 mg/m2)
  • Kebiasaan kurang bergerak/aktivitas fisik
  • Riwayat keluarga menderita PJK pada usia muda ( < 55 tahun untuk pria dan < 65 tahun untuk wanita) 

Mengingat usia Anda masih muda, kecil kemungkinan terkena penyakit jantung koroner, meskipun masih tetap ada kemungkinannya. Dokter Anda juga tidak melakukan pemeriksaan rekam jantung. Kami sarankan untuk sementara hentikan dulu penggunaan obat isosorbid sampai terbukti Anda menderita penyakit jantung koroner. Untuk memastikan Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam atau spesialis jantung. 

Berikut kami lampirkan artikel:

GERD atau Sakit Jantung?

Waspadai Nyeri Dada Waspadai Serangan Jantung

Penyakit Jantung Koroner

7 Gejala Jantung Pada Wanita

7 Cara Cegah Sakit Jantung

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar