Sukses

Stimulasi Otak untuk Balita

18 Oct 2014, 17:16 WIB
Wanita, 23 tahun.
terimah kasih kasih banyak dok atas jawaban dokter di atas... kali ini yang mau saya tanyakan ,, stimulasi untuk kecerdasa balita usia 19 bulan...... dan bagaiman cara menanagi balita usia 19 yang cengeng( suka menangis)

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultas Klikdokter

Stimulasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk merangsang kemampuan dasar anak agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Setiap anak perlu mendapat stimulasi rutin sedini mungkin dan terus menerus pada setiap kesempatan.

Dalam melakukan stimulasi tumbuh kembang anak, ada beberapa prinsip dasar yang perlu diperhatikan, yaitu:

 

  1. Stimulasi dilakukan dengan dilandasi rasa cinta dan kasih sayang.
  2. Selalu tunjukkan sikap dan perilaku yang baik karena anak akan meniru tingkah laku orang-orang yang terdekat dengannya.
  3. Berikan stimulasi sesuai dengan kelompok umur anak.
  4. Lakukan stimulasi dengan cara mengajak anak bermain, bernyanyi, bervariasi, menyenangkan, tanpa paksaan dan tidak ada hukuman.
  5. Lakukan stimulasi secara bertahap dan berkelanjutan sesuai umur anak, terhadap keempat aspek kemampuan dasar anak.
  6. Gunakan alai bantu/permainan yang sederhana, aman dan ada di sekitar anak.
  7. Berikan kesempatan yang sama pada anak laki-laki dan perempuan.
  8. Anak Selalu diberi pujian, bila perlu diberi hadiah atas keberhasilannya.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menstimulasi kecerdasan anak

  • Pilih mainan yang tepat dan sesuai umur: untuk anak usia 12-24 bulan, gunakan mainan dengan beragam bentuk (balok, segitiga, bola, binatang), boneka, mainan yang bisa berjalan (mobil-mobilan, kereta), buku berwarna, dsb
  • Floor time: orang tua dan anak menghabiskan waktu bersama untuk berinteraksi dan bermain
  • Musik: mengenai manfaat musik dalam merangsang kecerdasan masih kontroversial. Namun mengenalkan berbagai jenis musik terhadap anak dapat membuat anak mengenal musik, merasa nyaman, dan bahagia.
  • Televisi: televisi dapat memberikan efek positif dan negatif. Berikan tontonan yang bersifat edukatif. Beberapa program tv menyediakan program untuk anak-anak, untuk menstimulasi kecerdasan anak. Selalu temani anak saat menonton televisi, hindari tontonan yang menunjukkan kekerasan. 
  • Mengeksplorasi alam: ajaklah anak bermain di taman belakang rumah atau bertamasya ke kebun binatang, tunjukan dan sebutkan berbagai nama binatang dan tanaman. Anda juga dapat mengajak anak untuk menanam tumbuhan atau memberi makanan untuk binatang peliharaan bersama-sama.
  • Tunjukkan kasih sayang Anda untuk buah hati dan selalu ajak ia berbicara. Sering mengajak anak bicara atau membacakan cerita akan menambah kosakata baru untuk anak dan membuat ia merasa diperhatikan.
  • Tahu kapan harus berhenti: jika bayi atau anak menangis, tampak kelelahan, tidak tertarik atau bosan, hentikan stimulasi. Over-stimulasi dan kelelahan akan mempengaruhi proses belajar. Jika anak tampak tidak bahagian, waktunya berpindah untuk hal yang lain. 
  • Perhatikan asupan nutrisi: nutrisi memiliki peranan penting dalam perkembangan otak anak
  • Pastikan anak tidur cukup

Berikut kami lampirkan artikel sebagai tambahan informasi:

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

  •  

 

0 Komentar

Belum ada komentar