Sukses

Apakah Kanker Bisa Menular?

04 Mar 2016, 11:19 WIB
Pria, 61 tahun.

Selamat pagi Dokter. Yang saya tanyakan : apakah penyakit Kanker diderita oleh pasangan hidup bisa menular kepada pasangannya. Suami menderita kanker pada usus apakah istri bisa tertular kanker tersebut, terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Silakan klik next untuk melanjutkan ke penjawaban dr. Dina Kusumawardhani.

Apakah Kanker Bisa Menular?

Kami turut prihatin atas kondisi suami Anda. Sebelumnya kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai kanker. Tumor ganas atau kanker adalah pertumbuhan sel abnormal yang tumbuh cepat yang dapat menyerang seluruh bagian tubuh. Sel kanker dapat lepas dari sel kanker asal (primary cancer atau kanker primer) melalui aliran darah atau saluran limfatik (getah bening) dan menyebar ke bagian tubuh lain. Apabila sel tersebut mencapai bagian lain (menyebar) dan berkembang membentuk tumor baru di bagian tubuh yang lain, disebut tumor sekunder (secondary tumor) atau metastasis. 

Apa penyebabnya?

  • Genetik (riwayat keluarga dengan kanker)
  • Faktor gaya hidup: merokok, alkohol, makanan tidak sehat, aktifitas fisik kurang
  • Infeksi tertentu
  • Paparan lingkungan : radiasi, polusi udara, paparan zat kimia, sinar matahari

Apakah kanker menular?

Kanker bukanlah penyakit menular, jadi Anda tidak perlu khawatir. Beberapa contoh penyakit menular adalah tuberkulosis (TBC) paru, infeksi menular seksual (HIV/AIDS, gonorea, sifilis) dan sebagainya.

Wanita paling banyak terkena kanker payudara, kanker serviks (leher rahim) atau kanker ovarium. Yang harus Anda lakukan adalah mencegah terjadinya kanker dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti tidak merokok/minum alkohol, banyak makan sayur dan buah, olahraga minimal 3x/minggu selama 30 menit setiap sesinya, hindari paparan asap atau radiasi, gunakan sunblock saat keluar rumah. 

Kami sarankan agar suami Anda kontrol secara teratur ke dokter yang menangani.

Berikut kami lampirkan artikel mengenai kanker:

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar