Sukses

Keamanan USG Untuk Janin

20 Mar 2014, 15:15 WIB
Wanita, 19 tahun.
pagi dok, saya bumil usia 19 tahun. mw tanya nih dok . hpht sya tgl 17 februari , lalu saya test pack tgl 16 maret ketika malam hari dan hasilnya positif. lalu sya usg ke bidan tgl 17 maret malam kmrin, bidan bilang sy udh positif hamil 4 minggu, sya dan suami rencananya ingin cek lagi ke dokter spog hari sabtu bsok, yg ingin sya tanyakan bolehkah usg 2x dalam seminggu. untuk lebih memastikan?? oh iyaa dok , perut bagian bawah sya juga terkadang sakit dan mules , apakah itu bahaya?? sya jga mengalami sembelit saat ini, apakah itu wajar dok?? dan bagaimana cara mengatasi rasa sembelit tersebut, terima kasih dok atas jawabannya.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter. Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda. Pertanyaan Anda adalah pakah pemeriksaan USG yang dilakukan bisa berakibat buruk terhadap janin? dan bagaimanakah seharusnya?

Tidak seperti pemeriksaan sinar x (foto rontgen), pemeriksaan USG yang dilakukan untuk mengevaluasi kehamilan anda tidak akan memberikan akibat buruk terhadap janin anda, meskipun pemeriksaan tersebut dilakukan setiap bulan. Pemeriksaan USG dalam kehamilan sebenarnya dilakukan untuk beberapa tujuan, diantaranya adalah :

  • Untuk mendiagnosis dan memastikan adanya kehamilan. Biasanya dilakukan pada usia kehamilan sekitar 5 minggu. USG juga ditujukan untuk melihat lokasi kehamilan (di dalam rahim atau diluar rahim)
  • Untuk mengetahui penyebab terjadinya perdarahan dalam kehamilan
  • Untuk menentukan usia kehamilan dan ukuran janin
  • Untuk mendiagnosis adanya cacat janin
  • Untuk mengetahui letak plasenta
  • Untuk mengetahui adanya kehamilan kembar
  • Untuk memperkirakan jumlah air ketuban
  • dll

Untuk mendeteksi hal-hal tersebut, pemeriksaan USG tidak harus dilakukan setiap bulannya. Sebenarnya tidak ada aturan khusus mengenai frekuensi seorang wanita hamil untuk melakukan pemeriksaan USG. Namun, dalam keadaan normal seorang wanita hanya perlu 3 kali melakukan pemeriksaan USG selama kehamilannya, yaitu :

  1. Pemeriksaan pertama pada usia kehamilan sekitar 7 minggu untuk mengkonfirmasi kehamilan, menyingkirkan kemungkinan hamil diluar kandungan, melihat denyut jantung janin dan mengukur panjang janin (crown-rump length)
  2. Pemeriksaan kedua saat usia kehamilan 18-20 minggu untuk mendeteksi adanya cacat janin. Pada usia ini, ukuran janin sudah cukup besar sehingga dokter dapat mendeteksi kelainan anatomi janin dengan lebih akurat. Disamping itu, pemeriksaan USG kedua ini juga bertujuan untuk memastikan diagnosis hamil kembar, mengevaluasi pertumbuhan janin dan letak plasenta
  3. Pemeriksaan ketiga saat janin berusia sekitar 32 minggu atau lebih untuk mengevaluasi ukuran dan berat janin (pertumbuhan janin), mendeteksi lebih lanjut kelainan janin, posisi plasenta.

Pemeriksaan USG perlu dilakukan lebih sering jika dokter mencurigai kemungkinan adanya cacat janin dalam kandungan sehingga diperlukan evaluasi berkala untuk melihat kelainan tersebut.

Nyeri perut bagian bawah cukup banyak penyebabnya, bisa saja dari otot, organ pencernaan atau organ kandungan. untuk menegakkan penyebabnya kami menyarankan agar Anda mengkonsultasikan diri Anda pada dokter kandungan untuk mendapatkan kejelasan penyebab dari keluhan Anda.

Kami lampirkan sebuah artikel untuk Anda baca:

USG Akurat Deteksi Kelainan Janin

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat (AN)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)

0 Komentar

Belum ada komentar