Sukses

Gejala Infeksi HIV

20 Mar 2014, 13:39 WIB
Pria, 24 tahun.
Terimakasih atas jawabannya Dok ... Untuk keluhan selain demam yang hampir 4 minggu, keluhan lainnya yaitu tenggorokan dan hidung saya agak kering dari pada biasanya,ketika malam hari punggung saya berkeringat dingin dan tangan serta kaki saya selalu lebih dingin dibanding anggota badan lainnya, apakah ini juga termasuk gejala HIV dok ? Serta irama jantung saya tidak stabil pertanda apa dok ? Sekali lagi terima kasih atas kesadiaannya untuk menjawab pertanyaan saya ...
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan demam dengan tenggorokan aga kering bisa jadi merupakan gejala dari radang tenggorokan, namun gejala tersebut tidak sepsifik dan Anda perlu berkonsultasi dengan dokter secara langsung untuk memastikan diagnosis dari keluhan yang Anda alami. Gejala dari Anda juga tidak spesifik untuk HIV, namun izinkan kami menjelaskan tentang infeksi HIV.

HIV (Human Imunodeficiency Virus) merupakan suatu infeksi virus yang dapat melemahkan sistem pertahanan tubuh dengan mengahancurkan sel darah putih khusus untuk pertahanan tubuh. AIDS merupkan penyakit akibat virus HIV. HIV umumnya ditularkan melalui kontak langsung antara membran mukosa atau aliran darah, dengan cairan tubuh yang mengandung HIV, seperti darah, air mani, cairan vagina, dan ASI. Penularan dapat terjadi melalui hubungan intim, transfusi darah, jarum suntik.yang terkontaminasi, antara ibu dan bayi selama kehamilan, bersalin, atau menyusui, serta bentuk kontak lainnya dengan cairan-cairan tubuh tersebut.

Anda belum tentu terkena infeksi virus tersebut, karena pada dasarnya Virus ini umumnya ditemukan dalam cairan-cairan tubuh seperti darah, air mani, cairan ejakulat, atau cairan vagina orang yang terinfeksi dan akan ditransmisikan pada beberapa keadaan berikut:

  • saat melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi HIV (anal, vaginal, atau oral)
  • berbagi jarum suntik dengan seseorang yang terinfeksi HIV
  • terpajan HIV sejak dalam kandungan, saat proses kelahiran, atau saat menyusui
  • terpajan cairan tubuh lain (terutama darah) dari seseorang yang terinfeksi HIV, seperti melalui transfusi, melalui luka baik luka yang terlihat maupun tidak terlihat kasat mata

Pengobatan HIV sekkarang ada berbgagai macam, yaitu menggunakan obat ARV (anti retro viral), dimana obat tersebut dapat didapatkan jika Anda kosultasi dengan dokter specialis penyakit dalam. Dengan obat itu, diharapkan terjadi supresi dari virus sehingga tidak dapat melemahkan sistem imun tubuh. Infeksi ini berat jika sel darah putih itu turun sehingga tubuh dapat terinfeksi oleh berbagai virus dan bakteri. Untuk sembuh masih diperdebatkan dan sepertinya sulit. Yang dapat dilakukan adalah supresi dari replikasi virus. 

Kami lampirkan beberapa artikel untuk Anda baca terkait HIV:

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat (AN)

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar