Sukses

Stem Cell Untuk Cerebral palsy

17 Oct 2014, 22:54 WIB
Pria, 30 tahun.
pagi dok, anak saya laki-laki umur 2 th 3 bln, tinngi 95 cm, berat 13,5 Kg. di diagnosis CP. sy mau nanya seberapa efekti stem cell untuk anak CP, dan apakah susu nutren junior memang lebih baik untuk anak CP drpd susu premium lain. trims. mhn pencerahan..
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Kami memahami keinginan Anda untuk mendapatkan penanganan yang terbaik untuk anak Anda. Stem cell atau sel punca merupakan penanganan yang menjanjikan untuk cerebral palsy, akrena dapat menggantikan berbagai sel saraf yang rusak, namun terapi ini masih belum umum dilakukan di Indonesia dan masih berada dalam tahap penelitian. Izinkan kami menjelaskan tentang cerebral palsy. Cerebral palsy merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kumpulan kelainan yang memengaruhi pergerakan tubuh, keseimbangan, dan postur.  Cerebral palsy dapat juga diartikan sebagai kelumpuhan pada otak (brain paralysis). Penyebabnya antara lain adalah perkembangan abnormal atau kerusakan pada satu atau lebih bagian otak yang mengendalikan tonus otot dan aktivitas motorik (pergerakan)-dalam hal ini penyebabnya termasuk kejang yang disebabkan oleh infeksi dalam otak, atau benturan keras pada kepala anak.

Umumnya anak dengan cerebral palsy akan lambat mencapai tahapan perkembangan sesuai usianya seperti merangkak, duduk, berjalan, bahkan untuk gerakan sederhana sekalipun. Juga dapat disertai berbagai masalah lain seperti keterbelakangan mental, masalah pernapasan, masalah kemih dan pencernaan, makan, dsb. Bagaimanapun, banyak di antara anak dengan cerebral palsy memiliki tingkat intelegensia normal atau di atas rata-rata, namun dibatasi oleh kemampuan dalam berkomunikasi. Kemampuan ini sebenarnya masih dapat diperbaiki dengan melakukan intervensi yang tepat, termasuk di dalamnya adalah fisioterapi, terapi okupasi, dan terapi berbicara/menelan.

Bagaimanapun, yang dapat menentukan atau menjelaskan kondisi anak Anda maupun kemungkinan perkembangan saat ini adalah dokter anak yang menanganinya. Kami sarankan sebaiknya Anda berdiskusi langsung dengan dokter spesialis anak, khususnya divisi neurologi anak untuk untuk lebih jelasnya.

Kami lampirkan berbagai artikel terkait kesehatan anak untuk Anda baca:


Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (AN)

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

0 Komentar

Belum ada komentar