Sukses

Bau Mulut Karena Sinusitis?

19 Oct 2014, 11:37 WIB
Pria, 24 tahun.
Bau mulut dan bau napas lewat hidung yang berlebihan apakah termasuk sinusitis ?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Bau mulut atau dalam dunia kedokteran disebut dengan halitosis dapat disebabkan oleh berbagai macam hal seperti kebersihan mulut yang buruk, penyakit pada gigi dan gusi, infeksi saluran pernapasan, infeksi saluran pencernaan, penyakit hati/liver, pemakaian obat-obat tertentu, merokok, atau mengkonsums makanan tertentu. Jadi, mulut bau belum tentu sinusitis.

Sinusitis didefinisikan sebagai peradangan rongga sinus pada tulang-tulang wajah yang biasanya berisi udara. Peradangan itu sendiri dapat dipicu oleh proses infeksi (bakteri, virus, jamur) atau non-infeksi (alergik) yang dapat memblok lubang sinus. Sebagai akibatnya:

 

  • Terjadi penumpukan cairan dalam rongga sinus
  • Kurangnya oksigen
  • Penurunan aktivitas serabut-serabut silia untuk membersihkan rongga sinus, dan merupakan media yang baik untuk pertumbuhan kuman.

Beberapa gejala subjektif dibagi menjadi gejala sistemik dan gejala lokal, gejala sistemik yang dimaksud adalah demam dan lesu  Gejala lokal yang muncul adalah ingus kental dan berbau, nyeri di sinus, reffered pain (nyeri yang berasal dari tempat yang lain­), yang bervariasi pada tiap sinus, seperti sinusitis maksila terdapat nyeri pada kelopak mata dan kadang-kadang menyebar ke alveolus, sinusitis etmoid, rasa nyeri dirasakaan di pangkal hidung dan kantus medius, sinusitis frontal, rasa nyeri dirasakan di seluruh kepala, sedangkan sinusitis sphenoid, nyeri dirasakan di belakang bola mata dan mastoid.

Berikut beberapa artikel yang dapat Saudari baca:

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (DK)

Salam

Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar