Sukses

Gigi Tetap Tidak Tumbuh

20 Oct 2014, 08:45 WIB
Wanita, 14 tahun.
dok saya mau tanya saya punya adik yang berumur 8 tahun pada umur 6 tahun pada saat gigi depannya goyang tapi adik saya tidak mau mengoyang goyangkanya sampai akhirnya giginya tumbuh duluuan tapi giginya itu aneh bentuknya seperti gigi taring runcing dan setelah gigi itu tumbuh besar seperti gigi normal besarnya tetapi anehnya gigi yang semula goyang menjadi tidak goyang lagi. lalu adik saya pun periksa ke dokter dan melepas giginya yang kembali tidak goyang lagi. dan ibu saya menjelaskan kepada dokter bahwa giginya udah tumbuh duluan tapi bentuknya runcing seperti gigi taring lalu dokter menjawab katanya kelebihan gigi. apakah kelebihan gigi itu bisa di cabut dan kenapa hingga sekarang gigi yang dulu goyang dan sudah di cabut belum juga tumbuh gigi yang baru
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Jumlah gigi yang melebihi dari jumlah normal dikenal dengan istilah supernumerary teeth dalam dunia kedokteran gigi. Penyebab keadaan ini  belum dapat dipastikan, namun berdasarkan beberapa teori hal tersebut dikaitkan dengan faktor lingkungan dan keturunan.Tetapi secara general supernumerary teeth dikaitkan dengan beberapa penyakit dan sindrom. Pada gigi supernumarary  yang terdapat pada gigi depan memang pada banyak kasus mempunyai bentuk yang runcing seperti gigi taring yang dikenal juga dengan bentuk Peg-Shape. Masalah yang dapat ditimbulkan dari tumbuhnya gigi supernumerary seperti:

-          - Susunan gigi tidak rapih.

-          - Mengganggu estetik terutama apabila gigi ini terdapat pada bagian depan.

-          - Gangguan tumbuhnya gigi tetap.

-          - Gangguan pada akar gigi.

-          - Penyakit subakut perikoronitis.

-          - Keradangan pada gusi.

-          - Abses pada jaringan pendukung gigi.

-          - Terbentuknya karang gigi pada daerah yang sulit dibersihkan akibat susuan gigi yang tidak rapih.

-          - Kesulitan pada perawatan orthodontik/behel dan pada pemasangan implant gigi.

-         -  Penyakit kista dentigerous.

Mengenai gigi yang tidak kunjung tumbuh, perlu Anda ketahui bahwa gigi seri sentral tetap rahang atas akan tumbuh pada sekitar usia 7-8 tahun kemudian disusul dengan gigi seri sebelahnya pada usia 8-9 tahun. Jadi dalam kasus yang Adik Anda alami, hal tersebut masihlah normal.

Berikut artikel yang anda baca

Gigi Anak Anda Terlambat Tumbuh?

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam

drg. Arni Maharani

 

0 Komentar

Belum ada komentar