Sukses

Daging dari Anus: Wasir?

16 Oct 2014, 10:22 WIB
Wanita, 28 tahun.
Dok saya ada ambeien, tiap kali BAB selalu keluar daging dari maaf "anus" sekitar 1 ruas jari. Apakah itu bahaya dokter, lalu apa obat yg bs mengempeskan atau harus dioperasi. Terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Dari keterangan yang Anda berikan, sepertinya Anda menderita wasir atau hemoroid. Hemorrhoid merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus.  Hemorrhoid dapat dikelompokkan menjadi :

  • Grade I       : wasir tidak keluar dari rektum
  • Grade II      : wasir keluar dari rektum saat mengedan, namun dapat masuk kembali secara spontan
  • Grade III     : wasir keluar saat mengedan, namun tidak dapat masuk kembali secara spontan, harus didorong kembali dengan tangan
  • Grade IV   : wasir keluar dari rektum namun tidak dapat dimasukkan kembali

Wasir derajat 1 atau 2 tidak membutuhkan operasi. Coba konsumsi makanan yang tinggi serat agar buang air besar lebih lancar, hindari mengangkat beban berat, dan perbanyak minum air putih. Penggunaan obat anti-hemorrhoid yang dimasukan lewat dubur bermanfaat untuk mengurangi gejala. Jika sudah derajat 3 atau 4 dan sangat mengganggu, maka anda membutuhkan tindakan pembedahan/operasi.

Darah segar dari saat BAB dapat disebabkan oleh perlukaan pada daerah rektum. Pada wasir terjadi pelebaran pembuluh darah vena, jika terjadi perlukaan makan dapat menimbulkan perdarahan. Penyebabnya adalah konstipasi, konsistensi BAB keras, dan mengedan. Maka dari itu, untuk mencegahnya, konsumsilah makanan tinggi serat dan banyak minum air putih untuk mencegah konstipasi.

Silahkan konsultasikan masalah Anda kepada dokter spesialis bedah untuk menentukan tindakan selanjutnya. 

Berikut kami lampirkan artikel mengenai wasir.

Wasir

Tujuh Cara Sehat Cegah Wasir

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar