Sukses

Suara Serak Pada Anak

20 Oct 2014, 09:12 WIB
Wanita, 23 tahun.
sore dok . terimakasih sebelumnya sudah menjawab setiap pertanyaan saya . maklum dok baru ngerasain jadi ibu . saya mau tanya, anak saya suka serak suaranya , seperti ada dahak di tenggorokan , tp kadang hlang kadang serak lagi . apa berpengaruh dalam pemberian air putih ?? soalnya lebih sering di kasih susu dari pda air putih . kadang , setelah pemberian air putih suara serak anak saya hilang . suami saya menyarankan uap karna bayi saya masih 7 bulan saya berusaya tak panik . umur berapa bayi di perbolehkan UAP ? apa perlu UAP di lakulan untuk bayi ?? terimakasih sebelumnya sudah merespon pertanyaan saya :)

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Suara serak dan dahak pada tenggorokan anak dapat disebabkan oleh alergi ataupun infeksi saluran napas. Apakah ada gejala lain seperti batuk, sesak napas, napas cepat, anak menjadi rewel, nafsu makan menurun, demam?

Tidak apa-apa jika ibu memberikan air putih, namun harus berhati-hati saat memberikan minum terutama jika anak tampak sesak karena bisa menyebabkan anak tersedak, air masuk ke saluran napas dan menyebabkan infeksi paru karena aspirasi (pneumonia aspirasi).

Pemberian uap atau nebulizer biasanya diberikan pada anak yang menderita asma atau infeksi paru yang memproduksi banyak dahak. Uap bukan merupakan terapi rutin, harus ada indikasinya.

Sebaiknya periksakan anak Anda ke dokter spesialis anak untuk memastikan penyebab suara serak dan muncul dahak yang berulang pada anak. Jika memang terbukti ada infeksi maka diperlukan pengobatan, termasuk pemberian antibiotik jika perlu.

Berikut kami lampirkan artikel:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Kilkdokter

0 Komentar

Belum ada komentar